HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Korsel Dibombardir Korut dengan Tisu Toilet Bekas

1

HARIANACEH.co.id – Korea Utara (Korut) meningkatkan intensitas perang propaganda dengan mengirimkan sejumlah balon ke Korea Selatan (Korsel). Kali ini, balon diisi berbagai barang bekas, termasuk tisu toilet dan puntung rokok.

Menurut laporan Joong Ang Daily, Selasa (2/2/2016), Korsel sempat khawatir balon propaganda terbaru Korut berisi zat kimia berbahaya.

Korsel melanjutkan propaganda dengan mengirimkan banyak balon ke negara tetangganya, beberapa hari setelah Pyongyang melakukan uji coba ledakan nuklir di bawah tanah pada 6 Januari. Seoul juga meneruskan propaganda musik K-Pop dan pesan lainnya dengan menggunakan pengeras suara.

Dalam kurun sepekan, Korut membalas Korsel dengan metode sama: mengirimkan balon propaganda. Dengan dilengkapi peledak kecil, balon didesain untuk meledak pada waktu tertentu, dan isinya akan jatuh di wilayah Korsel.

Sekitar satu juta pamflet propaganda Korut yang berasa dari balon ditemukan di Korsel. Salah satu isinya adalah ejekan dan hinaan kepada Presiden Park Geun-hye. Gelombang balon terbaru dari Korut kini tak hanya berisi pamflet, tapi juga benda lain.

“Saat kami buka bungkusan di tanah, kami menemukan ada pamflet bercampur sampah. Kami sempat khawatir akan adanya zat kimia yang dapat membahayakan warga, tapi setelah dianalisis, ternyata memang hanya sampah,” kata seorang perwakilan militer Korsel.

“Dalam beberapa bungkusan lain, ada puntung rokok, tisu dan sampah lain,” tutur seorang polisi, yang menyebutkan juga adanya tisu toilet bekas pakai.

Seorang juru bicara pemerintahan Korsel mendeskripsikan perang psikologi yang diperlihatkan Korut sebagai metode “kekanak-kanakan.”

loading...