HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Malaysia Berang Setelah Swiss Tuduh Lembaga Negara Korupsi

1

HARIANACEH.co.id – Lembaga 1 Malaysia Development Berhard (1MDB) dituduh oleh pihak Kejaksaan Agung Swiss terlibat korupsi USD4 miliar. Perdana Menteri Malaysia Najib Razak merupakan Ketua Dewan Penasihat dari 1MDB.

Pekan lalu, pihak Swiss menyebutkan bahwa mereka memiliki fakta bahwa uang dalam jumlah besar hilang dari rekening badan milik negara itu. Negeri Jiran pun menuduh Swiss telah melanggar protokol dan menyebarkan informasi yang salah.

“Ini adalah pernyataan prematur yang muncul tanpa ada fakta penuh dan komprehensif,” ujar Menteri Komunikasi Malaysia Salleh Said Keruak, seperti dikutip Reuters, Selasa (2/2/2016).

“Pengumuman itu sangat di luar kebiasaan dan melanggar protokol, apalagi dilontarkan oleh pejabat senior mengenai masalah internal dari negara lain,” lanjutnya.

Penguakan ini memicu ketegangan diplomatik antara Malaysia dan Swiss. Sebagai satu negara, Swiss juga turut menyelidiki dugaan korupsi di tubuh 1MDB.

PM Najib yang menjadi ketua dewan penasihat 1MDB, sebelumnya dituduh mendapatkan aliran dana dari lembaga senilai USD700 juta ke rekening pribadinya. Namun, pihak Kejaksaan Agung Malaysia sudah membebaskan Najib dari segala tuduhan yang ada.

Sementara tuduhan baru dari Kejaksaan Agung Swiss ini menunjukkan bahwa 1MDB telah melakukan penggelapan terhadap dana sebesar USD4 miliar. Penyelidik Swiss mengaku menemukan indikasi serius bahwa dana itu digunakan untuk kepentingan yang salah.

Tetapi Kejaksaan Agung Swiss menegaskan bahwa PM Najib tidak masuk dalam indikasi tersebut.

loading...