HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Mulainya Perundingan Perdamaian Suriah Diumumkan PBB

1

HARIANACEH.co.id – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) umumkan dimulainya pembicaraan resmi tentang perdamaian untuk Suriah pada Senin 1 Februari.

PBB mendesak kekuatan dunia untuk mendorong gencatan senjata yang didukung oleh serangan udara Rusia.

“Kami di sini selama beberapa hari. Jika tidak ada kemajuan, kami tinggal. Kami di sini untuk menguji kesungguhan rezim,” ungkap seorang pejabat dari Komite Nasional Tinggi Oposisi Suriah Monzer Makhous saat datang ke Jenewa, seperti dikutip Reuters, Selasa (2/2/2016).

Pihak oposisi Suriah telah mengatakan bahwa tanpa penghentian pengeboman, pencabutan pengepungan di kota-kota dan pembebasan tahanan, mereka tidak akan berpartisipasi dalam pembicaraan di Jenewa.

Namun, Monzer bertemu dengan utusan PBB Staffan de Mistura selama dua jam di Jenewa, yang mengatakan sesi ini menandai awal pembicaraan perdamaian resmi.

Orang-orang Suriah layak untuk melihat perubahan menuju perbaikan negara dan pihak oposisi memiliki ‘titik kuat’ dalam menentukan langkah.

Pembicaraan perdamaian Suriah menandai upaya pertama dalam jangka waktu dua tahun untuk mengadakan perundingan untuk mengakhiri perang yang menewaskan sedikitnya 250.000 orang.

loading...