HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pengakuan Prancis Terhadap Palestina Ditolak PM Israel

5

HARIANACEH.co.id – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyerukan untuk lebih sadar dalam pendekatan terhadap konflik Israel-Palestina.

Usulan dari Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius untuk konferensi perdamaian internasional adalah tanda baru dari Barat atas tidak adanya gerakan menuju solusi dua negara itu sejak runtuhnya perundingan di Amerika Serikat pada 2014.

“Jika rencana Prancis tidak memecahkan kebuntuan sekarang, Prancis akan akui negara Palestina,” ungkap Fabius, seperti dikutip Reuters, Selasa (2/2/2016).

Langkah tersebut akan meningkatkan kekhawatiran Israel bahwa negara-negara Barat lain akan mengikuti jejak Prancis.

Dalam pernyataannya, Netanyahu tidak secara eksplisit menolak gagasan konferensi internasional tersebut.

Netanyahu mengatakan ancaman untuk akui Palestina jika perdamaian Prancis tidak berhasil adalah insentif untuk Palestina untuk tidak berkompromi.

“Saya menilai akan ada keseriusan dalam hal ini. Kami akan melakukan upaya dan posisi kami di sini sangat jelas. Kami siap memasuki negosiasi langsung tanpa prasyarat dan tanpa dikte,” tegas Netanyahu.

Sementara itu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyambut baik usulan Prancis. Tapi, Amerika Serikat (AS) menanggapi dengan hati-hati untuk langkah Prancis tersebut.

loading...