HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pengembangan 10 Destinasi Pariwisata Diminta Jokowi Untuk Dipercepat

1

HARIANACEH.co.id – Presiden Joko Widodo meminta Menteri Pariwisata Arief Yahya mempercepat pengembangan 10 destinasi. Itu agar target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara tahun ini bisa tercapai.

“Di tahun 2016 saya minta pertumbuhan di sektor pariwisata bisa dipercepat dan kita akselerasi,” ujar Presiden Jokowi di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Sepuluh destinasi prioritas tersebut meliputi Candi Borobudur, Mandalika, Labuhan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru, Kepulauan Seribu, Danau Toba, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai dan Tanjung Layang.

Menurutnya, akselerasi sektor pariwisata dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Target paling realistis tahun ini adalah 12 juta kunjungan wisman dengan devisa sebesar Rp172 triliun tahun ini. Tahun lalu, kunjungan wisman mencapai 10,4 juta dan menghasilan Rp144 triliun.

“UMKM, industri kreatif dan lapangan kerja baru juga bisa tercipta. Diperlukan sebuah kecepatan terobosan baik regulasi maupun pekerjaan di lapangan sehingga hasilnya segera bisa kita nikmati,” bebernya.

Terkait pengembangan Danau Toba, bekas Gubernur DKI Jakarta ini meminta penguatan konektivitas dan aksesibilitas, baik di pelabuhan maupun bandara. Termasuk membangun sarana dan prasarana, sehingga wilayah tersebut diminati wisatawan. Dia juga menekankan pentingnya promosi seperti menggelar Festival Danau Toba.

“Saya harapkan ini segera ditindak lanjuti di lapangan dan saya juga menekankan agar disiapkan branding untuk pemasarannya,” kata Jokowi.

loading...