HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pentingkah Minuman Elektrolit Dikonsumsi Usai Berolahraga?

2

HARIANACEH.co.id – Minuman berelektrolit dipercaya mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang usai berolahraga. Namun, seberapa penting mengonsumsi cairan elektrolit setelah berolahraga?

Sebelum mengetahui jawabannya, ada baiknya memperluas wawasan seputar cairan elektrolit.

“Elektrolit merupakan zat bermuatan positif atau negatif yang mengalirkan listrik dalam tubuh. Contoh elektrolit,  antara lain, Natrium, sodium dan Kalium mineral,” jelas Michael Bergeron, Ph.D, pakar dari American College of Sports Medicine sebagaimana disitat Womens Health, Selasa (2/1/2016).

Pada dasarnya, tubuh adalah salah satu sistem listrik raksasa. Elektrolit memiliki banyak fungsi, salah satunya, membantu otot untuk mengikat, mempertahankan, dan mendistribusikan air melalui sel tubuh.

Saat berolahraga, ada banyak cairan elektrolit tubuh yang terbuang.

“Seseorang yang berolahraga secara intens dapat kehilangan berliter-liter keringat setiap jam. Dengan kata lain, ada ribuan miligram elektrolit yang ikut terbuang,” urai Bergeron.

Kehilangan elektrolit membuat tubuh kesulitan mengikat air. Efeknya, rasa haus tidak hilang meski Anda telah minum beberapa gelas air.

“Kesimpulannya, mengonsumsi minuman berelektrolit cukup penting mengingat ada banyak cairan tubuh yang terbuang usai berolahraga,” ucap Bergeron.

Mengonsumsi air putih sebelum berolahraga adalah cara terbaik agar cairan elektrolit dalam tubuh tak banyak terbuang usai berolahraga.

Disamping itu, banyak mengonsumsi bayam dan pisang juga baik untuk menjaga kadar elektrolit dalam tubuh tetap seimbang.

loading...