HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Proses Multiple Entry Visa Dipermudah Kedubes Korsel

6

HARIANACEH.co.id – Korea Selatan (Korsel) memiliki sistem visa dengan total 37 jenis kategori, sesuai dengan maksud dan tujuan warga asing yang ingin mengunjungi Negeri Gingseng.

Secara garis besarnya, visa Korsel terbagi menjadi Single Entry Visa, Double Entry Visa, Multiple Entry Visa, dan lainnya. Multiple Entry Visa merupakan visa praktis yang memungkinkan penggunanya untuk dapat masuk ke Korsel kapan saja selama 5 tahun.

Dulu, masa berlaku Multiple Entry Visa tergolong rumit dengan digolongkan menjadi tiga tahap, 1 tahun kemudian 3 tahun, lalu 5 tahun. Tapi sejak 20 April 2015, semuanya disamakan menjadi 5 tahun.

“Ini membuat masyarakat Indonesia untuk lebih mudah dan semakin banyak yang bisa berkunjung ke Korea,” ujar Rhee Myung-ho, Konsul Jenderal Korea Selatan untuk Indonesia saat ditemui di acara Presentasi Regulasi Visa oleh Kedutaan Korea di kantor KOTRA, Jakarta Selatan, Selasa, (2/2/2016).

Menurut Park Sang Hoon, Konsulat visa Kedutaan Besar Korea untuk Indonesia, pemohon dapat memperoleh Multiple Entry Visa sehari setelah aplikasinya diterima, dan pemilik visa dapat menetap di Korsel selama 30 hari dalam setiap kunjungannya, namun dapat pula diperpanjang di kantor imigrasi sana.

“Tujuan kedatangan pengguna Multiple Entry Visa bukan hanya untuk wisata, melainkan jauh lebih luas seperti rapat, kunjungan keluarga, pelatihan singkat atau lainnya, namun masuk Korea dengan tujuan lain seperti sekolah, bekerja, dan menikah haruslah memakai visa sesuai,” jelas Park.

Sasaran yang bisa mendapatkan visa ini cukup banyak, yaitu seseorang yang sudah mengunjungi negara OECD, atau sudah satu kali mengunjungi Korea. Namun seseorang juga bisa mendapatkan visa ini walau belum pernah mengunjungi negara OECD atau Korea, dengan catatan orang tersebut memenuhi syarat yaitu, PNS, karyawan badan usaha milik negara, pihak atau petugas terkait yang akan berpartisipasi dalam acara internasional atas undangan pemerintah dan kantor publik. Visa ini juga bisa didapat pasangan dan anak di bawah umur serta orang tua kandung atau orang tua pasangan yang memiliki Multiple Entry Visa.

“Sasaran Multiple Entry Visa cukuplah banyak. Kedubes Korea berharap dengan ini akan membuat pengaplikasian visa lebih praktis bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Korea,” ujar Park.

Respons terhadap langkah Kedubes Korsel yang menerbitkan Multiple Entry Visa hanya dalam satu hari ditanggapi baik masyarakat. Ini terlihat dari meningkatnya jumlah aplikasi sekitar 2,5 kali di setiap bulannya.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time