HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Suasana Hati Dapat Dipengaruhi Dengan Apa yang Anda Makan

5

HARIANACEH.co.id – You are What you eat. Ungkapan tersebut tepat untuk menggambarkan adanya hubungan antara apa yang Anda makan dengan suasana hati Anda hari ini.

Sebab, pada dasarnya makanan tak hanya berpengaruh terhadap kesehatan fisik, tetapi juga mental.

Ada baiknya Anda mengetahui beberapa fakta ini agar suasana hati selalu dalam keadaan baik.

1. Rutin sarapan 

Anda harus membiasakan sarapan. Sebab, rutin sarapan pagi membawa efek baik bagi tubuh, di antaranya, kesehatan tubuh akan terasa lebih baik, daya ingat lebih tajam, pikiran rileks, dan yang paling penting, Anda akan merasa enerjik sepanjang hari.

Melewatkan sarapan bisa membuat tubuh Anda kelelahan dan cemas. Biasakan sarapan dengan menu bernutrisi seimbang yang mencakup karbohidrat, protein, dan serat.

2. Jangan abaikan vitamin D

Studi menemukan, kekurangan vitamin D rentan menyebabkan depresi. Sementara, terlalu banyak mengonsumsi vitamin D justru menyebabkan depresi. Bijak dalam mengonsumsinya menjadi pilihan tepat.

3. Hindari konsumsi kafein berlebih

Bagi pecinta kopi, mengonsumsi minuman berkafein bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Namun, Jika tubuh Anda sensitif, mengonsumsi kafein justru memperparah kondisi depresi.

4. Cerdas memilih karbohidrat

Membuang karbohidrat dari daftar menu bukan pilihan bijak. Pilihlah karbohidrat sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, serta sayuran yang kaya serat dan nutrisi.

5. Konsumsi asam lemak omega 3

Kacang kenari, biji rami, dan ikan mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu melawan depresi. Para peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi sekitar 2-3 porsi ikan setiap minggu memiliki banyak manfaat kesehatan lain.

6. Diet Mediterania

Diet mediterania menjadi salah satu yang direkomendasikan. Sebab, diet mengadopsi makanan sehat seperti sereal, kacang-kacangan, sayuran, dan asam folat. Makanan-makanan tersebut dipercaya bisa membantu menurunkan tingkat depresi.

7. Protein adalah sumber makanan terbaik

Protein mengandung asam amino yang bisa membantu otak dalam mengontrol suasana hati. Makanan dengan kandungan protein yang baik, di antaranya, telur, kacang, daging tanpa lemak, keju, biji-bijian, dan kedelai.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat