HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Telah Ditemukan Spesies Baru Dinosaurus Era Jurassic

1

HARIANACEH.co.id – Fosil dari spesies baru dinosaurus telah ditemukan di Wales Utara. Usianya diperkirakan mencapai 201 juta tahun. Kemungkinan ini adalah fosil dinosaurus tertua era Jurassic yang pernah ditemukan di Inggris, atau bahkan di dunia.

Tulang belulang dinosaurus itu ditemukan oleh kakak beradik pemburu fosil, Nick dan Rob Hanigan. Keduanya menamakan dinosaurus terbaru itu dengan “Dracoraptor Hanigan,” yang merujuk pada nama seekor naga dari legenda Wales dan nama belakang mereka.

Hanigan bersaudara menemukan fosil itu pada 2014, namun baru diakui setelah diteliti tim paleontolog selama dua tahun. Saat ini, fosil Dracoraptor dipamarkan di Museum Nasional Cardiff.

“Hampir tidak pernah ditemukan lagi (fosil) dinosaurus dari era tersebut di seluruh dunia,” kata Nick kepada Sky News, belum lama ini.

“Tidak hanya tua, fosil ini juga mungkin satu-satunya yang masih utuh. Hal itu membuat kami senang,” sambung dia.

Dracoraptor Hanigani
Dracoraptor Hanigani. (PLOS ONE)

Sebuah studi terbaru di jurnal PLOS ONE menjelaskan bahwa peneliti meyakini Dracoraptor adalah dinosaurus pemakan daging dari grup theropod. Fosil yang ditemukan Hanigan diduga berasal dari Dracoraptor remaja di bawah umur 10 tahun. Hal ini terlihat dari beberapa tulang yang tidak tumbuh sempurna.

Pengunjung dapat melihat sekitar 40 persen sisa fosil Dracoraptor di Museum Nasional Cardiff, termasuk bagian tulang paha, tengkorak dan deretan gigi tajam.

Paleontolog Cindy Howell meyakini hewan ini dapat membunuh manusia jika masih hidup di zaman modern. “Jika Anda melihat giginya, teksturnya bergerigi, tajam bagaikan pisau, yang dapat mencengkeram dan merobek-robek mangsanya,” tutur Cindy.