HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Warga Thailand Pilih Beli Boneka Malaikat Karena Terjepit Ekonomi

1

HARIANACEH.co.id – Fenomena membeli boneka yang dianggap dapat membawa keberuntungan menyeruak di seantero Thailand. Ini merefleksikan kekhawatiran warga secara menyeluruh, di tengah lambannya perekonomian dan ketidakpastian politik di Negeri Gajah Putih.

Thailand adalah negara dengan mayoritas umat Buddha, yang telah berkembang pesat dalam dua hingga tiga dekade terakhir. Meski begitu, masih banyak warga Thailand yang percaya takhayul. Agama Buddha di Thailand tercampur dengan unsur animisme, astrologi dan “ilmu hitam.”

Boneka plastik yang sedang marak di Thailand, berukuran seperti anak kecil pada umumnya, biasa disebut “look thep” atau “malaikat anak.” Warga membeli mereka di toko biasa atau di internet, untuk kemudian melakukan ritual agar ada arwah yang masuk ke boneka tersebut. Proses ini dilakukan dengan harapan boneka dapat membawa keberuntungan.

“Ekonomi sedang buruk saat ini. Semua orang butuh sesuatu untuk berpegangan,” kata Mananya Boonmee, 49, seorang pemilik toko boneka.

Mananya mengatakan kepada Reuters, belum lama ini, bahwa bonekanya yang bernama Nong Petch telah membawa keberuntungan. Nong Petch diklaim Mananya telah membantunya memenangkan lotere, dengan memberitahu nomor pemenang melalui mimpi.

Panpimon Wipulakorn, wakil direktur jenderal Departemen Kesehatan Jiwa Thailand, mengatakan buruknya perekonomian memperburuk fenomena boneka ini.

“Selalu ada banyak orang di masyaraka Thailand yang memercayai hal seperti itu, dan masalah ekonomi semakin meningkatkan keyakinan mereka,” tutur Panpimon. “Tetapi mereka ini tidak memiliki masalah kejiwaan.”

Thailand dikuasai junta militer sejak Mei 2014. Sejak saat itu, jenderal Prayuth Chan-ocha berusaha keras membangkitkan perekonomian negara dan berjanji mengembalikan proses demokrasi. Ia meminta kepada warga agar tidak usah memaksakan diri untuk membeli boneka jika memang tidak mampu. “Saya tidak pernah memiliki malaikat anak,” ujarnya.

Boneka “look thep” di Thailand dijual seharga 1,500 baht atau setara Rp547 ribu hingga 30 ribu baht (Rp10 juta).

loading...