HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Universitas Indonesia, 66 Tahun Lalu Resmi Jadi Milik RI

3

HARIANACEH.co.id – Pastilah tidak ada yang tidak pernah mendengar nama Universitas Indonesia alias UI. Salah satu perguruan tinggi negeri pertama dan utama yang didamba jadi tempat kuliah hampir semua siswa tingkat SMU di seluruh pelosok Indonesia.

Sejak resmi mulai mahasiswa pada 66 tahun lalu, hingga kini UI telah menghasilkan kurang lebih 400 ribu orang sarjana dari berbagai disiplin ilmu. Tidak sedikit di antaranya yang menjadi tokoh sukses di jajaran pemerintahan, dunia usaha dan profesional.

Kampus yang lekat dengan sejarah pergolakan mahasiswa pasca perang kemerdekaan dan selama Orde Baru hingga era reformasi ini sebelumnya adalah milik Belanda. Kemudian dinasionalisasikan bersama puluhan aset lain Belanda oleh Pemerintahan Republik Indonesia Serikat (RIS).

Pemerintah RIS kemudian mengeluarkan Undang-Undang Darurat No. 7/1950 yang berisi kewenangan bagi Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan RIS untuk mengambil tindakan sesuai peraturan yang berlaku. Melalui UU itulah pada 2 Februari 1950, Ir Soerachman ditunjuk menjadi Presiden (Rektor) UI yang pertama.

“UI merupakan gabungan dari Balai Perguruan Tinggi Republik Indonesia di Jakarta dengan Universiteit van Indonesie termasuk semua cabangnya, seperti fakultas-fakultas yang ada di Bogor, Bandung, Surabaya, dan Makassar,” tulis Marwati Djoened dalam Sejarah Nasional Indonesia VI: Zaman Jepang dan Zaman Republik Indonesia.

Mulanya UI memiliki kampus yang tersebar. Kampus di Jakarta memiliki Fakulteit Kedokteran, Fakulteit Sastra dan Fakulteit Ekonomi. Di Bogor ada Fakulteit Pertanian dan Fakulteit Kedokteran Hewan. Di Bandung ada Fakulteit Teknik dan Fakulteit Pasti Alam. Sedangkan di Surabaya ada Fakulteit Kedokteran dan Lembaga Kedokteran Gigi.

Sebelum menyandang nama UI, nama awalnya adalah Dokter-Djawa School Batavia pada 1849, School tot Opleiding van Indische Artsen, Batavia pada 1898.  Lalu menjadi Balai Perguruan Tinggi Republik Indonesia pada 1945, Nood Universiteit pada 1947, Universiteit van Indonesie/Balai Perguruan Tinggi Republik Indonesia Serikat pada 1950 dan akhirnya Universitas Indonesia sejak 1954 hingga sekarang.

loading...