HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

375 Warga Sipil Tewas Akibat Serangan Pemberontak Yaman

2

HARIANACEH.co.id - Pemberontak Yaman dan sekutunya telah menewaskan atau melukai 375 warga sipil di dekat perbatasan Arab Saudi sejak operasi militer koalisi negara teluk dimulai akhir Maret tahun lalu.

Juru bicara koalisi pimpinan Saudi, Jenderal Ahmed al-Assiri mengatakan bahwa “375 (warga sipil) tewas dan terluka, termasuk 63 anak-anak. Detail lebih lanjut akan diumumkan dalam waktu dekat.

Assiri menyebut lebih dari 40 ribu bom mortir, roket Katyusha dan proyektil lainnya telah ditembakkan ke Saudi dari Yaman sejak koalisi memulai operasi melawan pemberontak Houthi. Rata-rata ada lebih dari 129 proyektil yang ditembakkan di setiap harinya.

Proyektil ini ditembakkan Houthi yang didukung Iran dan sekutunya, yakni pasukan elite pendukung mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh.

“Ada 12 misil Scud yang berhasil dihancurkan (sebelum mencapai sasaran),” sambung Assiri, seperti dikutip AFP, Rabu (3/2/2016).

Angka korban tewas dari prajurit dan penjaga perbatasan belum diumumkan. Assiri mengatakan pihaknya kesulitan mengatasi pemberontak yang melancarkan taktik bergerilya, seperti menembakkan mortir dari arah gunung, kemudian melarikan diri.

Menurut data PBB, lebih dari 5800 orang di Yaman tewas sejak akhir Maret 2015, yang sebagian besarnya adalah warga sipil.

Saudi memutuskan membentuk koalisi setelah Houthi menguasai ibu kota Yaman, Sanaa. Presiden Abedrabbo Mansour Hadi sempat melarikan diri ke kota Aden, namun pada akhirnya terbang dan berlindung di Saudi.

loading...