HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bantu Wujudkan Inklusivitas Keuangan, Shanghai F-Road Raih Penghargaan

3

HARIANACEH.co.id, TIONGKOK — Portal berita keuangan dunia terkemuka, The Wall Street Journal, baru saja menyelenggarakan event industri ekonomi, Financial Inclusion Challenge (FIC), event yang menghadirkan berbagai solusi permasalahan inklusivitas keuangan bagi masyarakat miskin. Di event ini, perusahaan afiliasi Taisys Technology (Taisys), Shanghai F-road Commercial Services (F-road), dinobatkan sebagai pemenang dalam kategori teknologi, dimana perusahaan ini berhasil

memberikan kontribusi signifikan terhadap inklusivitas keuangan di Asia Pasifik. F-road menggunakan teknologi berbasis kartu SIM-overlay milik Taisys untuk memperluas jangkauan perbankan mobile hingga ke bagian terpencil di Tiongkok.

Salah satu dewan juri FIC, Michael Schlein , berkomentar, “Fokus F-road untuk perluas jangkauan perbankan hingga ke area pedesaan berhasil mengatasi permasalahan dalam wujudkan inklusivitas keuangan yang telah lama membayangi, sehingga mampu menghadirkan berbagai layanan keuangan ke area-area dengan jumlah penduduk yang sedikit dan yang letaknya sangat jauh dari pusat-pusat perekonomian nasional.” komentarnya dalam keterangan tertulis yang diterima HARIANACEH.co.id.

Salah satu petani di daerah Szechwan, Wu Yulong, nasabah bank lokal mitra F-road, mengatakan, “Kini, saya dapat dengan mudah mengirimkan uang, membayar tagihan, dan yang terpenting, memperpanjang kredit saya untuk membeli pupuk. Bahkan, kini saya dapat melakukan transaksi dengan penduduk desa lainnya.”

Di negara besar seperti Tiongkok, untuk menjangkau bank terdekat, nasabah kerap harus melalui jarak yang sangat jauh. Oleh karena itu, untuk wujudkan inklusivitas keuangan di daerah-daearh terpencil, jarak yang terbentang antara bank dan nasabah, bagaimanapun caranya, harus dapat dipangkas. Untuk itu, F-road menyediakan sebuah solusi, yang didasarkan pada teknologi SIMoME dari Taisys yang berhak paten, untuk mengatasi kesenjangan tersebut dan telah diaplikasikan oleh lebih dari 15 juta pengguna dari 1300 bank di 27 dari 31 provinsi di Tiongkok, dengan total transaksi harian mencapai lima miliar renminbi.

Memanfaatkan layanan olahpesan singkat dari ponsel pengguna, teknologi SIMoME dari Taisys mampu mengatasi permasalahan sinyal lemah di sebagian besar daerah-daerah terpencil di seluruh Tiongkok. Teknologi yang sangat aman ini juga menyimpan kunci kriptografik, algoritma, dan mengolat data, sehingga lembaga keuangan dapat dengan mudah mengeksekusi solusi perbankan mobile kepada nasabah.

Country manager International Finance Corporation, Simon Andrew , menyampaikan, ” Solusi ini tak hanya memiliki potensi besar di Tiongkok, tapi juga di banyak negara lain yang memiliki banyak daerah terpencil.” F-road dan Taisys telah menyusun visi ambisius untuk membantu wujudkan akses keuangan yang universal. Keberhasilan F-road di FIC membuktikan kerja keras mereka mulai membuahkan hasil dan, tentunya, membantu orang-orang yang membutuhkan.”

loading...