HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Donald Trump Tuding Cruz Main Curang Karena Kalah di Iowa

2

HARIANACEH.co.id – Kandidat calon presiden Donald Trump menuduh rivalnya Ted Cruz bermain curang dalam pemilihan awal atau kaukus di negara bagian Iowa.

Dalam kaukus Partai Republik di Iowa, Cruz berada di urutan pertama dengan 28 persen suara, sementara Trump hanya 24 persen. Trump meminta kaukus diulang.

“Ted Cruz tidak menang di Iowa, dia mencurinya. Inlah mengapa semua polling itu tidak benar, dan itulah mengapa dia bisa mendapat banyak suara. Ini benar-benar buruk!,” tulis Trump di akun Twitter, seperti dilansir BBC, Rabu (3/2/2016).

Kata-kata “mencuri” dimaksudkan Trump atas adanya laporan bahwa tim kampanye Cruz memberitahu calon pemilih bahwa kandidat capres Ben Carson berniat keluar dari proses pemilu. Tim kampanye Carson membantahnya.

Kubu Cruz meminta maaf ke Carson, dan mengatakan bahwa itu semua hanya kesalahpahaman. Kubu Carson menerimanya, tapi juga menyebut bahwa Cruz sudah menjalankan “trik kotor.”

Cruz juga dinilai bermain curang karena menyebarkan pamflet yang menuduh warga Iowa telah melakukan pelanggaran pemilu di masa lalu. Pamflet itu juga meminta warga Iowa untuk berpartisipasi dalam pemilu agar tidak lagi dianggap melanggar.

Paul Pate, petinggi komisi pemilihan kaukus di Iowa, mengecam pamflet Cruz tersebut, yang dianggap “tidak sejalan dengan semangat kaukus Iowa.”

“Karena semua kecurangan yang dilakukan senator Ted Cruz selama kaukus Iowa, pemilihan perlu diulang atau kemenangan Cruz harus dibatalkan,” lanjut Trump di Twitter.

Komentar terbaru Trump ini bertolak belakang dengan sikap legowo atau menerima dengan ikhlas usai kaukus di Iowa. Trump bahkan sempat memberikan ucapan selamat kepada Cruz dan mengaku “senang atas apa yang terjadi di Iowa.”

loading...