HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kelompok ISIS Bunuh Penasihat Militer Rusia

1

HARIANACEH.co.id – Seorang penasihat militer asal Rusia tewas terkena tembakan artileri dari kelompok militan Islamic State (ISIS) di Suriah. Demikian dilaporkan Kementerian Pertahanan Rusia kepada kantor berita Ria Novosti, Rabu (3/2/2016).

Seperti dikutip AFP, korban terluka parah saat sedang melatih prajurit Suriah menggunakan senjata terbaru. Tidak disebutkan detail lainnya, termasuk di mana peristiwa itu berlangsung.

Grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights melaporkan tiga prajurit Rusia juga terluka dalam serangan artileri ISIS. Observatory mengatakan serangan terjadi di provinsi Latakia yang tidak dikuasai ISIS.

Penasihat ini adalah perwira Rusia ketiga yang tewas sejak Moskow memulai intervensi militernya di Suriah pada 30 September 2015. Rusia meluncurkan serangkaian serangan udara untuk menghabisi ISIS dan grup teroris lainnya. Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa mencurigai Rusia hanya ingin mendepak pemberontak, yang merupakan musuh Presiden Bashar al-Assad.

Rusia mengalami kerugian pertamanya dalam konflik di Suriah pada November, saat jet Turki menembak jatuh pesawat bomber Moskow. Ankara menegaskan jet Rusia telah melanggar zona udara, sementara Moskow bersikukuh pesawatnya ada di wilayah Suriah pada saat itu.

Insiden penembakan memicu ketegangan kedua negara. Rusia menjatuhkan serangkaian sanksi ekonomi kepada Turki, termasuk di bidang pariwisata.

Didukung serangan udara Rusia, pasukan Suriah mulai merebut banyak wilayah dari pemberontak dalam beberapa pekan terakhir. Pasukan rezim Assad dilaporkan berhasil memotong rute kunci yang menghubungkan pemberontak ke perbatasan Turki.

loading...