HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Konsumen Akhir Februari Ini Harus Bayar Kantong Plastik

1

HARIANACEH.co.id – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengeluarkan surat edaran terkait penggunaan dan peredaran kantong plastik. Uji coba di beberapa daerah yang sepakat dengan ide ini akan dilakukan akhir bulan ini.

“Itu akan diluncurkan 21 Februari, sejauh ini Kota Bandung menjadi kota yang menyatakan kesiapannya,” kata Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya Tuti Hendrawati, Kamis (4/2/2016).

Tuti mengatakan Bandung merupakan salah satu kota yang telah siap menjalankan peraturan ini. Bandung, kata dia, telah memiliki peraturan daerah terkait pembatasan penggunaan kantong plastik.

Kementerian LHK juga telah berbicara dengan Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia (Aprindo) dan pemerintah daerah terkait peraturan ini. Tak hanya Bandung, 23 daerah pun menyatakan ketertarikan untuk menerapkan aturan ini di.

“Waktu itu Bandung yang sudah siap, kita tawarkan kepada kota lain, mereka pun ingin ikut,” kata dia.

Kementerian LHK menjelaskan peraturan itu dikeluarkan kepada 23 Wali Kota dan Bupati yang tertarik. Kementerian LHK juga telah berbicara dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, Aprindo, dan Yayasan Layanan Konsumen Indonesia.

Pihak terkait menanggapi positif niat yang dikemukan Kementerian LHK. Setelah beberapa kali pertemuan, harga untuk kantong plastik yang dijual di ritel disepakati.

“Nanti itu pakai kantong plastik yang ramah lingkungan, gampang didaur ulang. Harganya Rp500 paling rendah,” kata Tuti.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor S.71/MENLHK-II/2015 pada 21 Februari 2015. Dalam SE tersebut, Siti meminta pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota, termasuk produsen serta pelaku usaha melakukan langkah simultan dalam mengurangi dan menangani sampah plastik.

Salah satu turunannya, pada 21 Februari 2016, akan dilakukan uji coba plastik berbayar di 22 kota dan 1 provinsi, sebelum diberlakukan serentak di seluruh Indonesia pada Juni mendatang.

loading...