HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Meredakan Nyeri Kaki? Ini 6 Langkah Efektifnya

1

HARIANACEH.co.id – Pergi mengunjungi terapis menjadi langkah tepat bagi Anda yang sering mengalami nyeri di kaki. Namun, hal itu mungkin tidak bisa dilakukan jika Anda terlalu sibuk.

Nyeri kaki ringan sebenarnya bisa diobati sendiri di rumah. Bagaimana caranya?

1. Merendam kaki dengan air hangat

Merendam kaki di air hangat mampu melemaskan otot-otot kaki Anda.

Irene S. Loi, DPM, ahli penyakit kaki di departemen bedah ortopedi dari NYU Langone Medical Center, menyarankan merendam kaki selama 10-15 menit. Jika perlu, tambahkan garam Epsom, garam anti jamur dan bakteri untuk menghilangkan bau kaki.

2. Pakai bola tenis

Menekan bola tenis ke telapak kaki mampu meringankan nyeri akibat plantar fasciitis, kondisi di mana plantar fasia (tendon) menegang. Plantar fasciitis ditandai nyeri di bagian jari-jari kaki hingga tumit.

3. Gunakan air es

Jika tak ada bola tenis, Anda bisa menggunakan air es yang dimasukkan ke dalam botol.

“Air dingin dapat meredakan peradangan,” ujar Francis Rottier, DPM, ahli penyakit kaki dari Loyola University Health System di Maywood, Illinois, seperti dilansir Prevention.

4. Pijat sendiri

Menggosok kaki membantu melancarkan aliran darah. Jika tidak mau tangan lengket, Anda bisa menggunakan body lotion.

Bagaimana cara memijat kaki yang benar?

Gunakan ibu jari untuk memijat bagian atas kaki. Kemudian, gunakan telunjuk untuk menekan bagian telapak. Pijat kaki di area tumit dan pergelangan dengan pola lingkaran searah jarum jam. Kemudian, lakukan kembali dengan arah berlawanan.

5. Renggangkan pergelangan kaki

Putar bagian pergelangan kaki searah jarum jam, sebanyak sepuluh kali. Kemudian, lakukan hal yang sama dengan arah sebaliknya. Gerakan ini bermanfaat untuk melonggarkan pergelangan kaki dan memperkuat otot-otot sendi.

6. Peregangan dengan handuk

Duduk di sofa panjang dan luruskan kaki Anda. Kemudian, lingkarkan handuk di ujung kaki, dan tarik. Gerakan ini bisa meregangkan betis dan bagian bawah kaki.

loading...