HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Obama: Hollywood & Media Barat Melihat Islam Dengan Cara Sempit

3

HARIANACEH.co.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama untuk pertama kali mengunjungi sebuah masjid yang berada di wilayah Negeri Paman Sam. Obama mengkritik media barat dan industri perfilman Hollywood yang berpandangan sempit tentang Islam.

Kunjungan ini merupakan yang pertama kali bagi Obama selama menjabat. Sebelumnya Obama sudah beberapa kali mengunjungi masjid, tetapi dilakukan di luar AS.

Presiden yang kakeknya seorang mualaf ini, mengunjungi Islamic Society of Baltimore. Dalam pernyataannya, Obama mengajak warga AS untuk tidak menjadi seorang yang fanatik.

Obama juga melihat contoh yang diberikan oleh Nabi Muhammad dan memuji toleransi yang ditunjukkan oleh ikon politik AS, mulai dari Thomas Jefferson hingga Dwight Eisenhower. Selain itu Obama juga mengecam sentimen anti-Islam yang bukanlah jadi diri rakyat AS.

“Kita mendengar retorika politik yang menentang Muslim Amerika. Hal itu tidak memiliki tempat di negara kita,” tutur Obama, seperti dikutip AFP, Kamis (4/3/2016).

Komentar ini seperti menjadi kritikan terhadap debat pemilu awal yang berlangsung di Negeri Adidaya itu. Beberapa kandidat melontarkan retorika anti-Islam yang dianggap berlawanan dengan rakyat AS.

Enam hari setelah serangan WTC 2001 di New York dan Washington, mantan Presiden George W.Bush mengunjungi Islamic Center of Washington dan menyatakan bahwa Islam ada agama damai. Kini kenyataannya jauh berbeda. Di mana kandidat Presiden AS dari Partai Republik menarik dukungan dengan cara menolak imigran Muslim masuk ke Amerika.

Hal serupa juga dilontarkan oleh pemenang kaukus Iowa dari Partai Republik, Ted Cruz. Dalam kampanyenya, Cruz hanya mengadvokasi nilai-nilai Kristiani.

Obama pun mengecam komentar-komentar merendahkan itu. Dia pun meminta umat Kristiani melihat bahwa “serangan terhadap satu keyakinan, merupakan serangan terhadap keyakinan lain secara keseluruhan”.

Media dan industri film Hollywood juga tak lepas dari kritikan Obama. Presiden ke-44 AS itu menyebut Muslim digambarkan dalam cara yang sempit oleh kedua bentuk industri tersebut.

“Acara televisi kita seharusnya menunjukkan karakter Muslim yang tidak memiliki hubungan berkaitan dengan keamanan nasional,” tegas Obama.

Obama sudah mengunjungi masjid di beberapa negara termasuk Indonesia, Malaysia dan Mesir sebagai seorang presiden. Tetapi ini ini kali pertama hadir di masjid yang bisa menampung 2.000 umat Muslim di Amerika.

loading...