HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Semua Pihak Diminta Tiongkok Untuk Menahan Diri atas Rencana Korut

1

HARIANACEH.co.id – Kementerian Luar Negeri Tiongkok meminta semua pihak untuk menahan diri atas pengumuman Korea Utara yang mengaku hendak meluncurkan sebuah rudal balistik pada bulan ini.

Korut memberitahukan rencananya kepada agensi PBB. Tanggal peluncuran dijadwalkan antara 8 hingga 25 Februari.

“Kami berharap semua pihak menahan diri dan bersikap bijak untuk menghindari adanya tindakan yang dapat meningkatkan ketegangan di Semenanjung (Korea),” ujar juru bicara Kemenlu Tiongkok Lu Kang di Beijing, seperti dilansir Associated Press, Rabu (3/2/2016).

Komentar Lu terlontar setelah beberapa diplomat Amerika Serikat (AS) mendorong Tiongkok menggunakan pengaruh politik dan ekonominya terhadap Korut untuk menghentikan peluncuran rudal.

Tiongkok telah menolak ide AS untuk menjatuhkan sanksi yang lebih berat, setelah Korut melakukan uji coba nuklir pada 6 Januari. Menlu Tiongkok Wang Ying pekan lalu mengatakan kepada Menlu AS John Kerry bahwa penjatuhan sanksi kepada Korut bukan sebuah solusi tepat.

Lu mengatakan menjaga perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea adalah tanggung jawab bersama. “Tiongkok akan berhubungan dan berkoordinasi dengan pihak terkait, dan menjalankan peran konstruktif dalam menjaga perdamaian serta stabilitas semenanjung dan kawasan,” ucap Lu.

Pengumuman Korut yang akan meluncurkan rudal memicu kritikan dari sejumlah negara. Korea Selatan mendesak agar tetangganya itu membatalkan rencana. Sementara Jepang menyebut jika Korut jadi meluncurkan rudal, maka akan menjadi sebuah provokasi serius.

loading...