HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Terlalu Banyak Minum Teh Hijau Ternyata Berbahaya Lho!

1

HARIANACEH.co.id – Teh hijau selama ini dikenal memiliki banyak manfaat positif. Salah satunya, membantu menurunkan berat badan.

Namun, seorang gadis 16 tahun di Inggris dilarikan ke rumah sakit akibat terlalu banyak minum teh hijau pelangsing dari Tiongkok.

Gadis yang dirahasiakan identitasnya itu diketahui memesan teh hijau via online dan meminumnya rutin tiga kali sehari, selama tiga bulan. Si gadis minum teh hijau dalam rangka menurunkan berat badan.

Remaja tersebut mengeluhkan pening dan sakit pada perutnya. Setelah diobservasi dokter, rupanya dia menderita infeksi saluran kencing, dan hepatitis.

Disitat Prevention, teh hijau memiliki konsentrat yang tinggi. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar, dapat menghambat kerja hati, dan menyebabkan infeksi.

“Tanin dalam teh hijau dapat menghambat penyerapan zat besi non-heme,” jelas pakar gizi Mike Roussell, PhD.

Artinya, terlalu banyak mengonsumsi teh hijau akan membuat tubuh Anda kekurangan zat besi dari sumber nabati, seperti, kacang-kacangan, telur, dan susu.

Roussell menambahkan, teh hijau harus dihindari para penderita penyakit autoimun, seperti hepatitis B, C dan infeksi virus. “Anda mungkin harus melewatkan minuman yang menenangkan ini sama sekali,” kata dia.

Lain halnya jika Anda sehat, teh hijau dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dengan cara yang positif.

Sebagai informasi, teh hijau memiliki kafein yang lebih rendah daripada kopi, yakni sekitar 25 sampai 50 miligram per cangkir. Sementara pada kopi, dalam satu cangkirnya mengandung kafein antara 95 sampai 200 miligram.

loading...