HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Teroris Berpotensi Rektrut Anggota Gafatar

1

HARIANACEH.co.id, MEDAN – Keberadaan 301 mantan anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) asal Sumatera Utara yang akan dipulangkan dari Kalimantan Barat harus mendapat pengawasan. Para eks Gafatar ini dikhawatirkan bisa disusupi sehingga kembali menjadi pengikut aliran sesat. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan menjadi anggota teroris maupun anggota Islamic State (ISIS).

“Nantinya setelah tiba di Medan, saya ingin mereka terus dibina. Saya juga berharap kepada camat untuk mendata eks Gafatar ini selengkap-lengkapnya. Di samping itu terus pantau keberadaan mereka. Karena tidak tertutup kemungkinan mereka direkrut menjadi anggota teroris maupun ISIS,” kata Anggota DPRD Medan, Heri Zulkarnain, di Medan, Kamis (4/2/2016)

Heri meminta agar camat melakukan pendataan secara valid terhadap seluruh eks Gafatar yang akan dipulangkan dari Kalimantan Barat (Kalbar), termasuk siapa sanak saudaranya sesuai dengan daftar yang ada. Pasalnya dari 301 eks Gafatar asal Sumatera Utara yang dipulangkan, 135 orang di antaranya merupakan warga Medan.

“Para camat harus menyosialisasikannya kepada masyarakat agar mereka menerima dengan baik para eks Gafatar. Kita minta camat terus memonitor keberadaan eks Gafatar setelah mereka meninggalkan lokasi penampungan sementara. Hal ini penting dilakukan untuk terus mendeteksi tindak-tanduk eks Gafatar,” kata dia.

Kepala Kesbangpol Kota Medan, Cheko Wakhda Ritonga, mengatakan, setibanya di Medan, para eks Gafatar ini ditempatkan di sejumlah lokasi penampungan untuk dibina selama seminggu hingga dua minggu. Meski telah rapat tiga kali, Cheko mengaku sejauh ini belum diketahui kapan eks Gafatar ini sampai Medan.

“Walaupun demikian, agar pemkab dan pemkot yang warganya ikut Gafatar untuk mempersiapkan penyambutan, termasuk mendata dan memberikan pendampingan,” kata Cheko.

Dari ribuan eks Gafatar yang dipulangkan dari Kalimantan Barat, 301 orang di antaranya berasal dari Sumut. Dari 301 orang itu, 135 orang merupakan warga Kota Medan. Rinciannya 59 orang warga Tanjung Mulia, 6 orang warga Jalan Kayu Putih, 5 orang dari Martubung, 25 orang dari Sei Sikambing, 14 orang dari Marelan, 18 orang dari Medan Tembung, 3 orang dari Medan Denai, dan 5 orang dari Medan Selayang.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, eks Gafatar asal Medan yang dipulangkan itu nantinya akan ditempatkan di sejumlah lokasi yakni Lantamal I sebanyak 25 orang (7 KK), Polda Sampali 27 orang (7 KK), Yonzipur I 19 orang (5 KK), Yonkav 6/Serbu 32 orang (9 KK), dan Yon Armed 2 sebanyak 26 orang (7 KK).

loading...