HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Usai Diterjang Longsor, 10 Prajurit India Hilang di Himalaya

2

HARIANACEH.co.id – Akibat longsor yang melanada pegunungan Himalaya, 10 prajurit India dikabarkan hilang. Prajurit itu diketahui tengah bertugas menjaga perbatasan.

“Pada pagi hari ini 3 Februari, 10 prajurit terkena longsoran salju di ketinggian 5.800 meter, di wilayah utara Gletser Siachen,” ujar Juru Bicara Militer India Kolonel S.D. Goswami, seperti dikutip AFP, Rabu (3/2/2016).

Pihak Angkatan Darat India menyebutkan bahwa pos penjagaan itu diawaki oleh seorang perwira menengah dan sembilan prajurit.

“Operasi penyelamatan oleh tim khusus dari Angkatan Darat dan Angkatan Udara sudah berjalan. Operasi itu diawasi dengan ketat dari wilayah Leh dan Udhampur,” lanjut pernyataan dari Angkatan Darat India.

Selama ini pasukan India sudah biasa melakukan patroli di Gletser Siachen. Wilayah tersebut disebut juga sebagai wilayah pertempuran tertinggi dan terletak di wilayah Kashmir, yang selama ini masih diklaim oleh India dan Pakistan.

Longsor salju umum terjadi di wilayah itu di saat musim dingin. Sementara temperatur di gletser ini bisa turun hingga mencapai minus 60 derajat celsius.

Ini bukan kecelakaan pertama terjadi dan dialami oleh prajurit India. Januari lalu, empat prajurit India tewas diterjang longsor. Sementara 2015 lalu, empat prajurit juga tewas saat kendaraan yang mereka gunakan terkubur akibat longsor di dekat Leh.

Diperkirakan sekitar 8.000 prajurit tewas di wilayah gletser itu sejak 1984. Sebagian besar dari mereka yang tewas merupakan korban longsor, kedinginan ataupun sakit karena ketinggian bahkan gagal jantung.

loading...