HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Virus Zika, Ancaman Baru Melalui Hubungan Seks

1

HARIANACEH.co.id – Otoritas kesehatan Amerika Serikat (AS) mengkonfirmasi satu kasus infeksi virus Zika ditransfer melalui hubungan seks, sehingga meningkatkan kekhawatiran wabah itu mungkin menyebar lebih cepat.

Otoritas kesehatan Texas mengkonfirmasi virus itu ditularkan melalui hubungan seks dan bukan hanya melalui bawaan nyamuk tropis.

Perkembangan terbaru itu meningkatkan kekhawatiran di AS, Kanada dan Eropa karena Zika sebelumnya hanya terdeteksi pada pengunjung yang pulang dari negara terpengaruh.

“Pasien ini terinfeksi Zika setelah hubungan seksual dengan seorang individu yang sakit setelah pulang dari negara yang terpengaruh dengan virus itu tahun ini,” kata pernyataan pemerintah Dallas.

Pemerintah itu juga mengatakan virus itu dibawa oleh seorang yang melancong ke Venezuela, dan kasus kedua juga dibawa dari negara yang sama.

Sementara itu, direktur Pusat Pengendalian Penyakit dan Pencegahan AS (CDC), Dr Tom Frieden juga menegaskan kasus infeksi melalui hubungan seks di Texas itu.

“Seseorang yang mengunjungi Venezuela dan terinfeksi di negara itu dan melakukan hubungan seks dengan pasangannya yang tidak meninggalkan negara ini,” katanya di situs Twitter.

Bulan lalu, CDC mengatakan, pihaknya mendeteksi satu kasus infeksi Zika melalui hubungan seks dan satu lagi kasus virus itu terdeteksi pada air mani seorang pria setelah ia tidak terdeteksi pada darahnya.

Zika yang kali pertama diidentifikasi di Uganda pada 1947 menyebabkan gejala seperti demam ringan dan ruam.

Namun, wabah bawaan nyamuk Aedes aegypti itu memicu kepanikan di Amerika Latin terutama Brasil setelah peningkatan kelahiran bayi dengan kepala kecil.

loading...