HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Agar Ibu Tetap Sehat Usai Melahirkan, Ini Tips Jitunya

3

HARIANACEH.co.id – Banyak wanita kelelahan usai melahirkan. Bukan tanpa sebab, peran baru sebagai seorang ibu membuat wanita kurang istirahat sehingga menyebabkan kelelahan.

Ada beberapa hal yang harus Anda terapkan usai melahirkan. Ini penting untuk menunjang kesehatan fisik dan mental.

1. Memanfaatkan waktu

Saat bayi tidur siang, Anda pun sebaiknya ikut tidur. Membaca atau menonton televisi mungkin baik, namun dalam kondisi usai melahirkan, Anda lebih dianjurkan beristirahat.

Beristirahat di siang hari membantu menjaga kondisi fisik Anda. Sebab, ibu baru umumnya akan mengalami masa-masa begadang. Jika Anda sudah tidur siang, Anda tidak akan mengantuk pada malam hari.

2. Rileks

Banyak kekhawatiran yang dirasakan ibu usai melahirkan. Namun, tanpa disadari, kekhawatiran itu justru membuat ibu sulit tidur dan terganggu secara psikologis. Cobalah rileks agar psikis Anda tak terbebani beragam pikiran yang memicu stres.

3. Tidur alami

Ibu yang baru melahirkan seringkali menderita insomnia. Mereka baru bisa tidur jika dibantu media lain, seperti menonton televisi atau mengonsumsi obat tidur. Meski cukup membantu, tak baik memakai metode itu untuk jangka waktu panjang.

4. Kurangi konsumsi kopi

Sebaiknya hindari dulu kafein untuk beberapa waktu. Jika tak bisa melepaskan diri dari kafein, jangan mengonsumsinya setelah pukul 14.00 WIB, karena akan membuat Anda sulit tidur pada malam hari.

loading...