HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Benarkah Apple Akan Lebih Banyak Sediakan Aplikasi untuk Android?

2

HARIANACEH.co.id – Sekarang ini, era platform ekslusif telah berakhir. Semakin banyak pembuat platform, seperti Apple dan Microsoft, yang mulai menawarkan layanan dan aplikasi mereka di platform pesaing. Misalnya Apple dengan Apple Music untuk Android.

Pada hari ini, Apple bahkan telah memberikan update untuk Apple Music untuk Android sehingga pengguna Android dapat menyimpan lagu yang sudah diunduh di micro SD card, sebuah fitur yang hanya ada pada Android.

Update tersebut menunjukkan niat serius Apple untuk membuat aplikasi Android. Tampaknya, Apple tidak berniat untuk berhenti sampai di situ. Di bawah kepemimpinan Tim Cook, Apple tidak hanya ingin menjadi pembuat hardware dan sistem operasi.

Mereka juga mulai membangun reputasi sebagai perusahaan yang penyedia layanan. Beberapa layanan yang telah mereka berikan sejauh ini adalah aplikasi dan storage iCloud, Apple Pay dan iMessage.

Dikutip dari Slash Gear, dalam sebuah pertemuan di balai kota, Cook menyebutkan bahwa Apple Music hanyalah awal dari munculnya aplikasi-aplikasi buatan Apple di Android. Hal ini berarti, kemungkinan, nantinya, Apple juga akan menyediakan versi Android dari layanan populer mereka, seperti iCloud atau Apple Pay.

Satu hal yang menarik adalah karena Apple bukanlah satu-satunya perusahaan yang melakukan hal ini. Microsoft juga menggunakan strategi yang sama dengan Apple. Belakangan, mereka gencar untuk menyediakan layanan dan aplikasi buatan mereka untuk iOS dan Android. Dalam usaha mereka untuk membuat masyarakat lebih tertarik pada layanan yang mereka berikan, mereka tidak lagi membuat aplikasi eksklusif untuk Windows Phone.

Salah satu contoh aplikasi yang Microsoft buat untuk iOS adalah aplikasi Selfie. Sementara itu, beberapa hari lalu, Microsoft juga telah mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi SwiftKey, perusahaan aplikasi keyboard untuk Android dan iOS yang cukup populer.

loading...