HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Hadapi ISIS, Arab Saudi Dukung Partisipasi Pasukan Darat

1

HARIANACEH.co.id – Pemerintah Arab Saudi mendukung rencana untuk dikerahkan operasi darat melawan kelompok Islamic State (ISIS).

Selama ini, pejabat Arab Saudi merasa frustrasi dengan keengganan Amerika Serikat (AS) untuk meningkatkan dukungan militernya dalam perang melawan ISIS. Hal tersebut mempersenjatai kelompok pemberontak anti-pemerintahan Presiden Suriah Bashar Al-Assad yang memiliki kaitan dengan Al Qaeda.

Meskipun Arab Saudi mendukung ide penyelesaian dalam masalah politik Suriah, mereka menilai dukung militer sangat penting untuk membuahkan perdamaian di Suriah. Perdamaian di Suriah bisa membuka peluang menghabisi pergerakan ISIS.

“Kami yakin dengan mengubah keseimbangan kekuasaan di darat bisa membuka jalan untuk penyelesaikan politik,” ujar Menlu Arab Saudi Adel Al Jubeir, seperti dikutip Reuters, Jumat (5/2/2016).

Namun Jubeir tidak menyebutkan kemungkinan pengiriman pasukan. Sementara Juru Bicara Kementerian Pertahanan Arab Saudi justru menyarankan prajurit Arab Saudi dikirim untuk berperang melawan ISIS.

“Kerajaan Arab Saudi siap untuk berpartisipasi dalam operasi darat yang mungkin saja dilakukan oleh koalisi anti-ISIS di Suriah. Namun semua ini harus ada konsensus dengan pada pemimpin koalisi,” tutur Juru Bicara Kemenhan Arab Saudi Ahmed Asiri.

Ini adalah pertama kali Arab Saudi menyarankan pengerahan pasukan darat. Namun hal itu tidak diutarakannya dengan berdialog dengan negara yang turut berperang melawan ISIS.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS John Kirby mengaku belum melihat usulan dari Arab Saudi. Kirby juga enggan mengomentari hal itu.

loading...