HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Lacak Peluncuran Rudal Korea Utara, AS Siapkan Radar

2

HARIANACEH.co.id – Amerika Serikat (AS) akan menempatkan aset pertahanan rudal untuk melacak peluncuran rudal balistik Korea Utara (Korut).

“AS tetap khawatir terkait program nuklir dan pengembangan rudal Korut,” ungkap Menteri Pertahanan AS Ash Carter, seperti dikutip Reuters, Jumat (5/2/2016).

Carter menolak berkomentar apapun terhadap rencana khusus untuk memindahkan radar X-Band untuk lokasi yang berbeda atau posisi kapal Angkatan Laut di wilayah menjelang peluncuran rudal Korut.

Sebelumnya, Korut mengatakan kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bahwa akan meluncurkan rudal balistik pada awal pekan depan, antara 8 sampai 25 Februari.

Beberapa negara kutuk rencana peluncuran rudal Korut tersebut, termasuk Korea Selatan (Korsel) dan Jepang.

Korsel juga memperingatkan Korut agar tidak meluncurkan rudal balistik bulan ini. Korsel menganggap peluncuran rudal tersebut merupakan ancaman besar terhadap Semenanjung Korea, kawasan dan dunia.

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan rencana Korut itu disebut sebagai “provokasi serius” yang dapat melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

loading...