HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Militan ISIS Melemah, Jumlah Anggotanya Mulai Berkurang

2

HARIANACEH.co.id – Jumlah militan Islamic State (ISIS) menurun drastis, menurut laporan intelijen Amerika Serikat (AS).

Para pejabat AS menjelaskan penurunan tersebut mencapai 20 persen. Itu menunjukkan koalisi yang dipimpin AS untuk menghancurkan ISIS mengalami kemajuan.

“Mereka terus menjadi ancaman besar, namun jumlah mereka telah menurun,” ungkap Juru Bicara Gedung Putih Josh Earnest, seperti dikutip Reuters, Jumat (5/2/2016).

Pasukan koalisi AS yang didukung Irak dan kelompok-kelompok di Suriah telah memberikan kontribusi. Demikian juga serangan udara AS yang telah mencapai 10.000 serangan.

Earnest mengungkapkan upaya dan usaha internasional mulai membendung warga asing yang ingin bergabung dengan kelompok militan tersebut.

“ISIS mengalami kesulitan lebih dari yang mereka kira sebelumnya dan kami telah menyadari kebutuhan masyarakat internasional untuk bekerja sama menghentikan warga asing yang ingin bergabung,” lanjutnya lagi.

Menurut laporan, saat ini militan ISIS hanya sekitar 19.000 hingga 25.000 di Irak dan Suriah, sangat menurun dari tahun 2014 saat mereka memiliki 20.000 hingga 31.000 militan.

“Penurunan ini mencerminkan efek gabungan dari kematian militan di peperangan, desersi, tindakan disiplin internal, kekurangan merekrut orang baru dan kesulitan warga asing untuk masuki Suriah,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS.

Namun, laporan intelijen tersebut dinilai tidak memperhitungkan afiliasi ISIS di Asia Selatan, bagian-bagian lain di Timur Tengah dan Afrika Utara, di mana ISIS sedang berusaha menduduki Libya.

loading...