HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Militer Arab Saudi Berpartisipasi dengan Koalisi Pimpinan AS

4

HARIANACEH.co.id – Arab Saudi siap untuk berpartisipasi dalam koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) di Suriah.

“Kerajaan ini siap untuk berpartisipasi dalam operasi darat terhadap Islamic State (ISIS) yang dipimpin AS,” ungkap Brigadir Jenderal Ahmed Asseri yang juga juru bicara koalisi Arab Saudi yang dipimpin Yaman, seperti dikutip Reuters, Jumat (5/2/2016).

Asseri mengatakan Arab Saudi telah menjadi anggota aktif dari koalisi pimpinan AS yang telah berjuang melawan ISIS di Suriah sejak 2014 dan telah melakukan lebih dari 190 misi serangan udara.

Ia juga percaya bahwa operasi militer Arab Saudi bisa menang melawan ISIS. Koalisi ini diperlukan penggabungan antara operasi udara dan operasi darat.

“Jika ada konsensus dari pimpinan koalisi, kerajaan bersedia untuk berpartisipasi dalam upaya ini karena kami percaya bahwa operasi udara bukan merupakan solusi ideal, harus digabungkan dengan operasi darat,” lanjutnya.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri AS John Kirby mengatakan koalisi itu umumnya memiliki mitra dalam berkontribusi memerangi ISIS, tapi ia tidak melihat proporsi Arab Saudi yang tepat.

“Saya tidak ingin berkomentar secara khusus mengenai ini sampai kami punya kesempatan untuk meninjau itu,” ungkapnya.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time