HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Panggilan KPK Dipastikan Akan Dipenuhi RJ Lino

1

HARIANACEH.co.id – Mantan Direktur Utama PT Pelindo II Richard Joost Lino (RJ Lino) dipastikan memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia akan diperiksa terkait kasus dugaan korupsi pengadaan tiga unit quay container crane di Pelindo II tahun 2010.

Kuasa Hukum RJ Lino, Maqdir Ismail memastikan kliennya akan memenuhi panggilan KPK. RJ Lino sejatinya diperiksa sebagai tersangka pertama kali pada Jumat 29 Januari 2016. Namun, pria berusia 63 tahun ini tidak hadir karena sakit.

“Rencananya akan datang memenuhi panggilan pemeriksaan KPK,” kata Maqdir saat dihubungi, Kamis (4/2/2016) malam.

KPK, kata dia, telah menjadwalkan pemanggilan terhadap RJ Lino sekitar pukul 10.00 WIB. Namun, RJ Lino dipastikan bakal hadir lebih cepat dari jadwal. “Kami akan datang sebelum jam 10.00 WIB,” ujarnya.

Kepala Bagian Pemberitahuan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha membenarkan KPK bakal memeriksa RJ Lino hari ini. “Iya (RJ Lino) dijadwalkan diperiksa,” kata Priharsa.

RJ Lino diduga telah melakukan perbuatan perlawanan hukum dan menyalahgunakan wewenangnya untuk memperkaya diri sendiri dan korporasi.

RJ Lino disebut telah menunjuk langsung perusahaan asal Tiongkok, Wuxi Huadong Heavy Machinery Co., Ltd. (HDHM) dalam pengadaan tiga unit quay container crane di Pelindo II tahun 2010. Dia ditetapkan sebagai tersangka pada 18 Desember lalu.

Atas perbuatannya itu, RJ Lino disangka melanggar Pasal 2 Ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

loading...