HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Saham AS Kembali Berjaya, Trio Indeks Utama Wall Street Reguk Keuntungan

2

HARIANACEH.co.id, NEW YORK – Bursa saham Amerika Serikat (AS) kembali menunjukkan taringnya setelah dalam beberapa hari ini bergerak fluktuatif. Trio indeks utama Wall Street pun mereguk keuntungan dari kondisi pasar saham yang masih labil.

Lonjakan terhadap sektor material (bahan) susah payah membantu mengangkat Wall Street di hari kedua berturut-turut, meskipun terjadi perkiraan mengecewakan dari pengecer dan kecemasan menjelang laporan pekerjaan pada Jumat ini.

Reuters melansir, Jumat, 5 Februari, indeks Dow Jones industrial average naik 79,92 poin atau 0,49 persen menjadi 16.416,58, indeks S & P 500 menguat tipis 2,92 poin atau 0,15 persen ke 1.915,45, serta Nasdaq Composite menguat tipis 5,32 poin atau 0,12 persen ke 4.509,56.

Sektor material dalam indeks S & P 500 .SPLRCM tercatat naik 2,8 persen, memimpin kenaikan hari ini. Layaknya dolar AS yang menurun dan mengangkat harga tembaga dan logam lainnya.

Indeks dolar jatuh untuk hari keempat pada batch terbaru dari data AS, sehingga mengurangi ekspektasi kenaikan suku bunga AS tahun ini. Melemahnya dolar menguntungkan perusahaan AS yang besar yang bergantung pada penjualan di luar negeri.

Data menunjukkan produktivitas nonpertanian turun pada kuartal keempat dan melaju tercepat dalam lebih dari satu tahun. Sementara pesanan barang baru untuk AS juga jatuh pada Desember. Adapun data yang lemah datang menjelang laporan pekerjaan bulanan dari pemerintah AS, yang diperkirakan menunjukkan pertambahan 190.000 pekerjaan nonpertanian pada Januari.

Sekitar 9,5 miliar lembar saham berpindah tangan di bursa AS, dibandingkan dengan rata-rata harian selama 20 hari perdagangan terakhir sebesar 9,4 miliar lembar saham, demikian menurut data Thomson Reuters.

loading...