HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Di Banda Aceh, Harga Kantong Plastik Bisa Berubah-rubah

2

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Pemerintah Kota Banda Aceh menerapkan aturan kantong plastik berbayar mulai Minggu 21 Februari 2016. Warga yang menggunakan kantong plastik saat berbelanja wajib membayar Rp500 per lembar. Namun, harga itu bisa saja berubah.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Banda Aceh, Dedi Saputra, mengaku masih membahas rumus penerapan kebijakan tersebut. Untuk sementara, kata Dedi, harganya masih sesuai dengan aturan Kementerian Lingkungan Hidup yaitu Rp500.

“Tapi itu bisa berubah, sesuai dengan kemampuan masyarakat,” kata Dedi di Banda Aceh, Sabtu (6/2/2016).

Perubahan harga, ungkapnya, bergantung pada kebijakan dan kesepakatan Pemkot Banda Aceh dengan stakeholder. Namun, Pemkot akan fokus mengelola penerapan kantong plastik berbayar itu.

Selain Banda Aceh, aturan kantong plastik berbayar juga diterapkan di 21 kota di Indonesia. Meski demikian, Dedi mengaku belum menyosialisasikan kebijakan itu secara khusus ke masyarakat.

Pihaknya hanya menyampaikan informasi soal kandungan berbahaya dalam sampah plastik. Pemkot juga masih sebatas mengimbau warga untuk mengelola sampah melalui brosur dan mendatangi sekolah.

loading...