HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Karena Bolak-balik ke Kamar Mandi, TKI di Taiwan Ini Selamat dari Gempa Bumi

1

HARIANACEH.co.id – Bintang Ega Jaya,35, berkali-kali ke kamar mandi untuk buang air kecil saat gempa 6.4 skala ritcher (SR) mengguncang Taiwan, Sabtu 6 Februari dini hari. Udara Taiwan yang menusuk membuat Ega tak tahan untuk tak ke kamar mandi.

Lantaran bolak-balik ke kamar mandi itu, Ega merasakan gempa dan berhasil keluar gedung tempat ia tinggal. “Pas mau tarik selimut, ada sesuatu yang aneh,” kata Ega dikutip dari Antara, Minggu (7/2/2016).

Pria yang sudah 14 tahun bekerja di pabrik elektronik di Tainan itu mengaku merasakan gempa sangat kencang. Saking kencangnya, Ega berteriak.

Teriakannya membangunkan tujuh TKI lain yang juga tinggal di sana serta beberapa pekerja dari negara lain. Mereka lantas keluar gedung tiga lantai di Jalan Peizhong Jie 46, Kota Tainan itu.

“Begitu turun, saya lihat jalanan beraspal retak-retak, mobil yang terparkir di pinggir jalan terlihat maju-mundur,” beber Ega.

Kengerian Ega menyaksikan bencana alam itu tak berhenti saat ia mendapat kabar sebuah apartemen 16 lantai di kota itu roboh. Sebagai salah satu anggota Satuan Tugas Tenaga Kerja Indonesia untuk wilayah Kota Tainan, Ega berupaya menghubungi rekan-rekannya.

Jelang subuh, Ega bergegas mendekati runtuhan gedung yang terletak di kawasan Yongkang. Dia mendapat kabar, tak ada WNI yang tinggal di sana.

“Alhamdulillah, sampai di sana, kami mendapatkan informasi bahwa tidak ada WNI dan TKI yang tinggal di gedung itu,” kata pria asal Desa Talun Kulon, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur itu.

Pihak Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, hingga Sabtu 6 Februari malam menyebut tidak ada WNI yang menjadi korban dalam kejadian itu.

“Sejauh ini, kami belum menemukan adanya WNI yang menjadi korban gempa, baik meninggal dunia maupun luka,” kata Juru bicara KDEI Taipei, Isy Karim.

loading...