HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Klaim Korea Utara: Rudal Balistik Terbaru Berhasil Diluncurkan

3

HARIANACEH.co.id – Korea Utara (Korut) mengklaim telah berhasil mengirimkan sebuah satelit ke orbit Bumi lewat peluncuran rudal balistik jarak jauh, Minggu (7/2/2016).

Peluncuran terbaru ini, yang melanggar beberapa resolusi Dewan Keamanan PBB, semakin memperburuk catatan Korut di mata dunia setelah melakukan uji coba nuklir sebulan lalu.

Belum ada konfirmasi eksternal bahwa roket Korut telah berhasil membawa satelit ke orbit. Namun seorang petinggi Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengatakan roket Korut “terlihat telah mencapai luar angkasa.

Dalam siaran khusus saluran televisi nasional KCNA, seorang pembawa acara wanita yang mengenakan Hanbok – pakaian tradisional Korea – melaporkan peluncuran roket yang diperintahkan langsung pemimpin Kim Jong-un.

Presenter itu menyebutkan peluncuran rudal balistik ini merepresentasikan hak Korut dalam penggunaan wilayah luar angkasa secara “damai dan independen.” Ia juga menyebut peluncuran ini adalah sebuah terobosan dalam “kemampuan pertahanan negara.”

Rudal balistik terbaru ini meluncur ke luar angkasa pada pukul 09.00 pagi waktu Pyongyang, dan menurut laporan KCNA, mencapai orbit Bumi sekitar 10 menit kemudian.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time