HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Anda Bisa Makan Gratis di Warung Ini Jika Baca 2 Juz Alquran

15

HARIANACEH.co.id – Jika Anda sedang singgah ke Yogyakarta dan berkantong tipis, tak ada salahnya memilih berkunjung ke “Warung Makan Tegalan Ndeso, Masakan Nusantara Mbah Mbayat.” Di warung yang beralamat di Jalan Gito Gati, Kamdanen, Ngaglik, Sleman, ini Anda bisa makan gratis.

Pemilik warung, Jaka Sarwanta, mengatakan pengunjung di warungnya bisa makan segala macam menu masakan Jawa yang tersedia tanpa harus keluar biaya sepeser pun. Namun, ada dua syarat yang mesti dipenuhi pengunjung jika hendak makan gratis. Yakni, membaca dua juz Alquran dan membacakan 10 hadis nabi. “Tapi untuk syarat kedua itu masih bisa ditoleransi,” ujar Jaka saat ditemui belum lama ini.

Ia mengaku keputusannya mengambil kebijakan itu bukan untuk mencari sensasi. Baginya, jalan tersebut sebagai salah satu langkah saling berbagi.

Terkait syarat harus membaca dua juz Alquran, menurut dia, hal itu untuk merespon sejumlah golongan yang melakukan tindakan tak patut dengan mengatasnamakan agama, misalnya teror memakai bom. Menurut Jaka, tindakan orang seperti itu menunjukkan yang bersangkutan tak memahami Alquran dan hadis dengan utuh. “Tidak ada dalam Alquran dan hadis yang membenarkan tindakan teror,” ujarnya.

Menurut Jaka, menggratiskan makan dengan syarat membaca Alquran dan hadis juga menjadi jalan dakwah yang bisa ia lakukan. Dengan begitu, ia berharap bisa menumbuhkan minat membaca Alquran masyarakat, dimulai dari pengunjung warungnya.

“Saya berkeyakinan tidak akan rugi walaupun menggratiskan makan. Kalau sudah berniat di jalan Allah, pasti ada gantinya yang lebih baik,” ucap lelaki 51 tahun yang berprofesi sebagai advokat ini.

Ia menambahkan, siapa saja boleh datang ke warungnya untuk makan. Jika tak berkenan membaca Alquran, pengunjung bisa membeli dengan harga terjangkau. “Bagi yang membaca (Alquran) pastinya dapat barokah dan manfaat,” kata dia.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat