HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ini Dia Makanan Yang Dapat Membersihkan Usus Besar

4

HARIANACEH.co.id – Membersihkan usus penting dilakukan karena berfungsi membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Banyak manfaat dari usus yang bersih, yaitu meningkatkan sistem pencernaan, mencegah sembelit, meningkatkan energi, membantu dalam penyerapan yang lebih baik dari vitamin dan mineral, membantu penurunan berat badan dan meningkatkan konsentrasi.

Ketika kotoran dalam usus dikeluarkan dari tubuh, maka akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dari tubuh dan kulit. Jika usus tidak berfungsi dengan baik, dapat menyebabkan masalah pencernaan dan penyakit lainnya, seperti kanker usus.

Berikut adalah beberapa makanan sehat yang dapat membantu proses pembersihan usus, seperti dilansir Boldsky.

1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang membantu membersihkan sistem organ tubuh. Tak hanya usus, brokoli juga membersihkan hati dan membantu proses pencernaan. Tambahkan banyak brokoli dalam salad Anda untuk memeroleh manfaat tersebut.

2. Jus buah

Jus buah merupakan pilihan yang sehat karena menjaga kesehatan secara keseluruhan, namun juga efektif membersihkan usus besar karena kaya akan  mineral, enzim dan membersihkan garam.

3. Biji-bijian

Roti, pasta, dan tepung kaya serat, namun rendah kolesterol dan kalori. Makanan ini membantu dalam proses pencernaan yang lebih baik dan memungkinkan usus besar dibersihkan secara efektif. Oleh karena itu, makanan ini sebaiknya dikonsumsi setiap hari.

4. Lemon

Buah jeruk, seperti lemon, paling tepat digunakan untuk membersihkan sistem pencernaan. Mengonsumsi segelas jus lemon pada pagi hari membantu detoksifikasi dan membersihkan usus besar, sehingga melengkapi sistem indeks glikemik.

5. Bayam

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam membantu membersihkan usus besar dan melindungi saluran pencernaan dari berbagai penyakit. Bayam dapat dikonsumsi setiap hari untuk mendapatkan usus yang sehat bebas dari racun.

loading...