HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

PBB: 34 Grup Militan di Seluruh Dunia Setia kepada ISIS

3

HARIANACEH.co.id – Sebanyak 34 grup militan dari seluruh dunia dilaporkan telah bersumpah setia kepada kelompok ekstremis Islamic State (ISIS) per pertengahan Desember 2015. Angka tersebut diperkirakan akan terus tumbuh pada 2016.

Demikian laporan yang disampaikan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, seperti dikutip ABC, belum lama ini.

Ban mengatakan ISIS adalah sebuah ancaman serius karena mampu membujuk sejumlah grup dari banyak negara, seperti dari Filipina, Uzbekistan, Pakistan, Libya dan Nigeria, untuk mendeklarasikan kesetiaan mereka.

Ia mengingatkan seluruh negara anggota PBB untuk mempersiapkan diri akan adanya serangan dari ISIS atau grup terafiliasinya.

“Perluasan pengaruh ISIL di Barat dan Afrika Utara, Timur Tengah dan Asia Selatan serta Tenggara, mendemonstrasikan kecepatan dan skala ancaman yang terus berkembang dalam kurun waktu hanya 18 bulan,” tutur Ban, menggunakan akronim lain dari ISIS.

Menurut Ban, ISIS adalah “organisasi teroris terkaya di dunia,” yang diperkirakan mampu menghasilkan uang USD400-USD500 juta dari minyak dan produk-produknya pada 2015.

Berdasarkan misi PBB di Irak, uang yang diambil dari bank-bank di provinsi yang dikuasai ISIS mencapai total USD1 miliar. Misi PBB juga memperkirakan uang pajak dari truk yang memasuki wilayah ISIS dapat mencapai hampir USD1 miliar per tahun.

ISIS menguasai banyak wilayah di Irak dan Suriah sekitar dua tahun lalu hingga saat ini, meski koalisi global pimpinan Amerika Serikat (AS) berusaha keras menghancurkannya. Ban mengatakan ISIS masih bisa menjaga kekuasaannya di Irak dan Suriah, sambil terus memperluas pengaruhnya di benua lain.

loading...