HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Rencana Peluncuran Roket Dipercepat Korea Utara

6

HARIANACEH.co.id – Korea Utara (Korut) mempercepat rencana peluncuran roket. Tenggat waktu peluncuran dikabarkan akan berlangsung pada Minggu 7 Februari 2016.

Sebuah notifikasi yang dikirim Korut kepada sebuah badan PBB pada Sabtu 6 Februari menunjukkan, peluncuran roket ini akan berlangsung antara 7-14 Februari. Sebelumnya rencana peluncuran roket akan berlangsung antara 8-25 Februari. Demikian diberitakan AFP, Sabtu kemarin (6/2/2016).

Rencana peluncuran roket itu dikecam oleh dunia internasional. Peluncuran ini dianggap sebagai rudal balistik yang bisa dilengkapi hulu ledak berbahaya.

Berdasarkan notifikasi yang dikirim Korut, tidak disebutkan alasan perubahan peluncuran ini. Namun dengan jadwal baru ini, peluncuran akan berlangsung sebelum 16 Februari yang bertepatan dengan ulang tahun dari ayah pemimpin Korut Kim Jong-Un, yakni Kim Jong-Il.

Pihak Korut sendiri bersikeras bahwa roket ini murni sebagai program luar angkasa yang ditujukkan demi kepentingan ilmu pengetahuan. Tetapi Amerika Serikat (AS) termasuk sekutunya seperti Korea Selatan (Korsel) menilai roket itu ditujukkan untuk mengembangkan rudal antar benua yang mampu menyerang wilayah AS.

Bila peluncuran roket tetap dilakukan, Korut terancam dengan sanksi baru dari PBB. Sebelumnya, sanksi dari PBB jelas menyebutkan bahwa Korut dilarang untuk mengembangkan teknologi misil balistik.

AS dikabarkan akan menempatkan aset pertahanan rudal untuk melacak peluncuran roket tersebut. Namun Menteri Pertahanan AS Ash Carter menolak berkomentar terhadap rencana khusus untuk memindahkan radar X-Band untuk lokasi yang berbeda atau posisi kapal Angkatan Laut di wilayah menjelang peluncuran rudal Korut.

Sedangkan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan rencana Korut itu disebut sebagai “provokasi serius” yang dapat melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat