HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Usulan Arab Saudi Diejek Iran Soal Kerahkan Pasukan Darat Perangi ISIS

1

HARIANACEH.co.id – Kepala pasukan Garda Revolusi Iran Mohammad Ali Jafari mengejek usulan Arab Saudi untuk mengerahkan pasukan darat dalam perang melawan kelompok Islamic State (ISIS).

Sikap dari Ali Jafari merupakan bentuk tanggapan pertama yang dikeluarkan Iran terkait rencana dari Arab Saudi. Kedua negara ini dikenal saling bersaing untuk memenangkan pengaruh di Timur Tengah.

“Arab Saudi mengeluarkan klaim untuk melakukan (pengerahan pasukan) itu, tapi saya ragu mereka berani melakukannya,” ujar Jafari, kepada Fars, seperti dikutip Reuters, Sabtu kemarin (6/2/2016).

“Bahkan jika mereka mengerahkan pasukan, sudah pasti pasukan Arab Saudi akan mudah dikalahkan. Ini hanya bentuk bunuh diri,” tegasnya.

Iran sebelumnya sudah mengirim pasukan ke Suriah untuk membantu Presiden Bashar al-Assad, dalam perang saudara yang sudah terjadi selama lima tahun terakhir.

Menlu Arab Saudi Adel Al Jubeir pada Jumat 5 Februari, menilai mengubah keseimbangan kekuasaan di darat bisa membuka jalan untuk penyelesaikan politik di Suriah. Namun Jubeir tidak menyebutkan kemungkinan pengiriman pasukan.

Sementara Juru Bicara Kementerian Pertahanan Arab Saudi Ahmed Asiri justru menyarankan prajurit Arab Saudi dikirim untuk berperang melawan ISIS. Namun bagi Asiri semua ini harus ada konsensus dengan pada pemimpin koalisi.

Ini adalah pertama kali Arab Saudi menyarankan pengerahan pasukan darat. Namun hal itu tidak diutarakannya dengan berdialog dengan negara yang turut berperang melawan ISIS.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS John Kirby mengaku belum melihat usulan dari Arab Saudi. Kirby juga enggan mengomentari hal itu.

loading...