HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Wapres Jusuf Kalla tak Setuju Jika DPD Dibubarkan

1

HARIANACEH.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla tak setuju bila Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dibubarkan. Yang penting saat ini ialah melakukan perubahan pada lembaga itu.

“Bukan pembubaran, tetapi perubahan, mungkin perbaikan,” kata JK sapaan Jusuf Kalla dikutip dari Antara, Sabtu kemarin (6/2/2016).

JK mengatakan, ia tak bakal mencampuri perubahan terhadap DPD. Sebab, perubahan adalah wewenang dari lembaga itu sendiri.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan terpisah menyebut bakal menampung semua masukan terkait perubahan ketatanegaraan yang sedang dikaji Badan Pengkajian DPR.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyebut perlu ada peninjauan ulang terkait keberadaan DPD. Dia menilai, lembaga itu tanggung dan tidak efektif.

“Jadi arus kuat teman-teman dari diskusi Forum Musyawarah Kerja Provinsi banyak yang menganggap DPD tidak berfungsi sama sekali, karena di satu provinsi hanya ada empat anggota DPD,” ujar Muhaimin.

Cak Imin sapaan Muhaimin Iskandar mengatakan suara pengurus daerah terkait keberadaan DPD itu
kemudian dibawa ke forum lebih tinggi yakni Mukernas PKB dan akan dibahas secara mendalam.

“Pilihannya mau ditambah kewenangan atau dibubarkan. Kalau versi teman-teman ‘steering committee’ Mukernas masih menghendaki perubahan UUD tanpa keberadaan DPD,” kata dia.

loading...