HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Juara Go Dunia Akan Bertanding Melawan Kecerdasan Buatan Google

2

HARIANACEH.co.id – DeepMind, anak perusahaan Google yang berkecimpung dalam bidang kecerdasan buatan (AI) baru-baru ini mengumumkan sebuah sistem jaringan syaraf tiruan yang dikatakan mampu mengalahkan pemain Go profesional.

Go sendiri merupakan permainan tradisional asal Tiongkok yang jauh lebih kompleks dari catur. Kecerdasan buatan bernama AlphaGo tersebut sebelumnya telah berhasil mengalahkan juara Go dari Eropa, dan kali ini ia akan menantang juara Go dunia, yaitu Lee Sedol yang berasal dari Korea Selatan.

Dilansir dari The Verge, pertandingan AlphaGo dan Lee Sedol pun banyak dibandingkan dengan pertandingan juara catur dunia Garry Kasparov dengan AI bernama Deep Blue besutan IBM pada tahun 1996 dan 1997. Pada saat itu, Kasparov berhasil menang di pertandingan pertama tahun 1996, namun kalah di tahun 1997.

Meskipun tidak ada yang dapat memprediksi apakah Lee Sedol akan menang melawan AlphaGo, banyak yang berpendapat bahwa Lee Sedol pasti akan dapat dikalahkan oleh AlphaGo suatu saat nantinya. Meski demikian, Lee mengatakan bahwa ia sangat yakin akan menang melawan AlphaGo pada pertandingan bulan depan.

“Saya yakin bisa menang, setidaknya untuk kali ini,” ujar Lee Sedol dalam peryataan resminya kepada pers baru-baru ini.

AlphaGo akan menantang Lee Sedol pada tanggal 9 hingga 15 Maret 2016 mendatang di Seoul. Pertandingan antara manusia melawan komputer tersebut nantinya akan memperebutkan total hadiah sebesar USD1 juta. Anda juga dapat menyaksikan pertandingan Lee dan AlphaGo melalui siaran langsung yang akan disajikan di YouTube.

loading...