HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Koalisi Anti-ISIS Akan Terima Bantuan Pasukan UEA

2

HARIANACEH.co.id – Uni Emirat Arab mengaku siap memasok bantuan kepada pasukan darat dan melatih koalisi militer internasional dalam melawan kelompok militan Islamic State (ISIS) di Suriah.

Saat ditanya apakah UEA juga dapat mengirimkan pasukan darat ke Suriah, Menteri Luar Negeri Anwar Gargash menjawab: “Saya rasa ini memang sikap kita, bahwa operasi sesungguhnya dalam melawan Daesh harus meliputi elemen darat.”

Gargash menggunakan istilah Daesh yang merupakan akronim lain dari ISIS.

Arab Saudi, salah satu negara Muslim Sunni di Teluk, pekan lalu telah mengutarakan kesiapannya untuk berpartisipasi dalam operasi darat di Suriah. Saudi siap mengirimkan pasukan darat jika koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) juga telah memutuskan hal serupa.

Gargash mengatakan jika pada akhirnya pasukan darat Uni Emirat Arab dikirim ke Suriah, jumlahnya tidak akan terlalu besar.

“Kami tidak mengirim ribuan prajurit, tapi hanya beberapa yang akan memandu jalan, melatih, memberikan dukungan,” tutur dia, seperti dilansir Reuters, Minggu (7/2/2016).

UEA mengaku cukup frustrasi melihat lambannya perkembangan yang ditunjukkan koalisi AS dalam melawan ISIS, meski ada beberapa kemajuan signifikan di Irak belum lama ini.

Terkait pengumuman Saudi pekan lalu, Menlu Suriah mengecam keras rencana pengiriman pasukan darat asing ke wilayahnya. Suriah mengancam akan mengirim semua pasukan darat asing ke negaranya masing-masing “dalam peti mati.”

loading...