HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Tembakan Peringatan Dilepaskan Korsel ke Kapal Korut

4

HARIANACEH.co.id – Angkatan Laut Korea Selatan (Korsel) melepaskan tembakan peringatan kepada kapal patroli Korea Utara (Korut).

“Kapal Korut melintasi perbatasan yang disengketakan di Laut Kuning sebelum pukul 07.00 (waktu setempat). Lima tembakan peringatan sudah ditembakkan,” ungkap seorang pejabat Kementerian Pertahanan Korsel, seperti dikutip The Guardian, Senin (8/2/2016).

Batas maritim de facto antara kedua negara tersebut – Garis Batas Utara – tidak diakui Korut. Korut menyebut garis itu ditarik secara sepihak oleh pasukan PBB yang dipimpin Amerika Serikat (AS) setelah terjadinya Perang Korea pada era 50-an.

Korsel dan Korut sering mengeluhkan pelanggaran Garis Batas Utara. Hal ini berujung pada sejumlah bentrokan angkatan laut pada 1999, 2002 dan 2009.

Insiden terbaru di Laut Kuning ini diperkirakan tidak akan meningkatkan ketegangan yang sudah ada terkait peluncuran roket Korut.

Namun, Korsel tetap pada keadaan siaga penuh setelah peluncuran rudal balistik Korut pada Minggu 7 Februari.

Presiden Korsel Park Geun-hye telah menyerukan kewaspadaan tinggi terhdap setiap provokasi lanjutan setelah peluncuran dan uji coba nuklir keempat Korut pada bulan Januari lalu.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time