HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Usai Tekuk Sampdoria, AS Roma Jaga Jarak dengan AC Milan

1

HARIANACEH.co.id – AS Roma berhasil membekuk Sampdoria pada pekan ke-24 Liga Italia Serie-A 2015–2016, Senin 8 Februari. Namun, secara keseluruhan performa I Lupi kurang istimewa karena hanya bisa menang dengan skor tipis, 2-1 atas tim yang sedang berjuang di papan bawah tersebut.

Lini depan AS Roma tumpul pada babak pertama. Buktinya, dari tujuh peluang, satu yang mampu dikonversi menjadi gol oleh Stephan El Shaarawy dkk. Gol itu bahkan dicetak oleh Alessandro Florenzi yang notabene bermain sebagai gelandang.

Kegagalan Roma mencetak banyak gol terasa aneh karena Miralem Pjanic dkk sukses menguasai pertandingan. Tercatat, mereka bisa menciptakan penguasaan bola hingga 70 persen serta melepaskan tujuh sepakan yang mengancam gawang tim tamu pada babak pertama. Sebaliknya, Il Samp cuma bisa menguasai 30 persen lapangan tengah dan sekali membahayakan pertahanan I Lupi.

Tapi dominasi itu hanya membuat Roma unggul satu gol. Satu-satunya gol Roma pada interval pertama bahkan baru terjadi pada menit ke-45 lewat aksi Florenzi.

Superioritas Roma berlanjut pada babak kedua. Namun kali ini I Lupi bermain lebih efektif. Mereka tak lagi berlama-lama memegang bola di lapangan tengah dan memilih untuk menampilkan strategi direct football dengan melepaskan umpan panjang ke kotak penalti.

Perubahan taktik tersebut berbuah hasil maksimal. Roma sukses mencetak gol ketika babak kedua baru berjalan 15 menit lewat aksi Diego Perotti. Pesepak bola yang berposisi sebagai gelandang serang itu berhasil membuat jala gawang Il Samp bergetar setelah mendapat umpan matang dari Stephan El Shaarawy.

Keunggulan 2-0 membuat Roma lengah. Hasilnya, Sampdoria bisa mencetak gol pada menit ke-57. Skuat asuhan  Vincenzo Montella itu bisa memperkecil kedudukan lantaran Pjanic melakukan kesalahan dengan melakukan gol bunuh diri.

I Lupi seakan tak mau kembali “tertidur”. Demi mengamankan keunggulan 2-1, seluruh skuat Roma kompak meningkatkan daya gedor dan tak membiarkan tim tamu mengembangkan permainan.

Namun, Roma rasanya tidak dinaungi Dewi Fortuna pada laga ini. Buktinya dari lima peluang emas yang tercipta jelang laga berakhir, tak ada yang mampu berubah menjadi gol. Alhasil skor 2-1 tetap bertahan hingga laga usai.

Berkat kemenangan ini, Roma sukses menjaga jarak dengan AC Milan yang menguntit di posisi kelima. I Lupi kini nyaman di peringkat ketiga dengan koleksi 44 poin. Mereka unggul empat angka dari I Rossoneri.

Starting XI Roma dan Sampdoria

Roma: Szczesny, Rudiger, Manolas, Zukanovic, Maicon, Pjanic, Keita, Florenzi, El Shaarawy, Salah, Perotti

Sampdoria: Viviano; Ranocchia, Silvestre, Moisander; Cassani, Fernando, Ivan, Dodo; Soriano, Correa; Muriel

loading...