HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Aceh Vision: ALA-ABAS, Benarkah Hanya Kepentingan Segelintir Elit Politik di Aceh?

1

HARIANACEH.co.id – Menyikapi isu yang berkembang tentang pemekaran provinsi Aceh untuk membentuk provinsi baru yang bernama ALA-ABAS, lembaga Aceh Vision yang konsen pada permasaalahan social kemasyarakatan berpendapat bahwa pemekaran provinsi bukanlah satu-satunya solusi untuk percepatan pembangunan daerah.

Biarlah isu pemekaran ini menjadi harapan yang tak pernah padam sebagai pemicu pemerataan pembangunan. Aceh Vision melihat persoalan pemekaran yang berhembusan ini lebih pada persoalan politik kekuasaan dan mismanajemen pemerintah Aceh.

Untuk membuktikan bahwa isu pemekaran ini bukan hanya sekedar keinginan elit politik, kami menghimbau dan menyarankan kepada para elit politik Aceh yang memperjuangkan pemekaran provinsi ALA-ABAS agar secara ksatria bertarug di pilkada 2017 dengan mengajukan satu paket gubernur dan wakil gubernur dari wilayah ALA-ABAS, “Bek lage inong” istilah dalam Bahasa Aceh nya.

Harapan kami tokoh ALA-ABAS seperti Armen Desky, Tagore Abubakar, Rafly Kande, dan lainnya membentuk satu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk bertarung di pilkada 2017, jika menang dan berkuasa baru kita lihat apakah ada percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di wilayah ALA-ABAS tersebut.

Jika sama saja dengan pemimpin dari daearah lainnya, pemekaran jelaslah masalah kekuasaan semata. Kami, Aceh Vision berkeyakinan jika masyarakat di wilayah ALA dan ABAS berpikiran sama dengan para tokoh yang memperjuangkan pemekaran ini dan mereka akan memenangi pilkada 2017. Dan jika mereka tidak bisa memenangkan hati rakyat di wilayah ALA-ABAS maka dapat disimpulkan pemekaran hanyalah keinginan segelintir elit saja.

Masalah pemerataan pembangunan di Aceh memang masih mejadi kendala, namun bukan berarti tidak ada solusinya. Lembaga Aceh Vision bersedia berdiskusi dengan pemerintah Aceh dan memaparkan beberapa pemikiran (kami, -red) tentang upaya percepatan pemerataan pembangunan di Aceh.

Demikinlah pers release ini kami sampaikan sebagai bagian kontribusi Aceh Vision dalam menyikapi permasaalahan yang terjadi di Aceh.(rel)

loading...