HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ini Cara Mengatasi Permasalahan Kulit

2

HARIANACEH.co.id – Masalah kulit sangat umum dihadapi siapa saja, tak memandang pria atau wanita, tua atau remaja. Paparan sinar matahari dan hormonal merupakan penyebab utama timbulnya masalah kulit.

Berikut ini adalah masalah kulit yang kerap dikeluhkan banyak orang.

1. Kulit berminyak

Orang yang memiliki kulit berminyak biasanya tidak percaya diri. Sebab, kulit berminyak seringkali menimbulkan efek kusam pada wajah. Jika memiliki kulit berminyak, Anda memang harus selektif memilih kosmetik. Gunakan kosmetik berbahan ringan yang bisa menyerap kelebihan minyak di wajah.

2. Kulit kering

Beberapa kebiasaan dapat mengakibatkan kulit kering, seperti, menggunakan make up secara berlebihan, sering terpapar sinar matahari dan polusi tanpa menggunakan pelembab, penggunaan obat atau bahan kimia, hingga menggunakan kosmetik yang tidak sesuai.

Menggunakan pelembab secara teratur dapat mengurangi kekeringan pada kulit. Selain itu, jangan lupa mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

3. Bintik hitam

Bintik hitam lebih sering dialami remaja. Perubahan hormon memicu kelenjar kulit mengeluarkan minyak berlebih, yang menyebabkan munculnya bintik hitam. Bintik hitam juga sering muncul akibat bekas jerawat.

Pastikan selalu menjaga kebersihan untuk menghindari munculnya bintik hitam. Pemakaian krim mungkin dapat membantu menyamarkan noda sampai batas tertentu.

4. Kutil

Kutil berbentuk benjolan berdaging yang sering muncul di jari tangan atau kaki. Kutil terjadi karena infeksi virus. Ada berbagai pengobatan untuk kutil, seperti menggunakan obat kimia atau perawatan laser.

5. Jerawat

Hampir semua orang pernah memiliki jerawat. Namun, yang paling sering biasanya remaja. Selama masa pubertas, remaja mengalami peningkatan kadar hormon yang mendorong kelenjar sebaceous meningkatkan produksi minyak di kulit sehingga menimbulkan jerawat.

Beberapa gel, lotion, dan krim dapat membantu menyingkirkan jerawat.
Jika jerawat tidak kunjung sembuh atau meradang, berkonsultasi dengan ahli kulit membantu Anda memberi solusi yang tepat.

6. Eksim

Eksim yang muncul pada kulit biasanya terlihat seperti uam merah, kering, dan disertai rasa gatal. Umumnya, ruam ini muncul pada lutut dan siku, bahkan kulit kepala dan wajah.

Mengoleskan pelembab setelah mandi dapat mengurangi gatal-gatal akibat eksim. Jika eksim sudah sangat menganggu dan tidak bisa diatasi, berkonsultasilah dengan dokter kulit.

loading...