HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Satelit Korea Utara Melayang-Layang di Orbit

1

HARIANACEH.co.id – Satelit milik Korea Utara (Korut) yang diluncurkan akhir pekan lalu, dikabarkan terombang-ambing di orbit. Ini menunjukkan bahwa setelit itu tidak berfungsi.

“Meskipun roket Unha 3 berhasil untuk meletakkan muatannya ke orbit, namun satelit itu tidak jelas kegunaannya,” ujar seorang pejabat Amerika Serikat (AS), seperti dikutip AFP, Selasa (9/2/2016).

Sejak peluncuran roket yang berisi satelit itu, Korut menegaskan bahwa misi mereka berhasil karena satelit masuk ke orbit. Namun satu hal yang diperhatikan oleh AS, satelit itu diluncurkan oleh roket yang bisa dilengkapi oleh rudal antar benua dan bisa menggapai AS.

The Joint Space Operations Center (JSPOC) di Pangkalan Udara Vandeberg di California, sudah melacak keberadaan satelit Korut itu. Baik roket ataupun satelitnya diidentifikasi oleh pihak AS.

“Obyek itu diberikan identifikasi NORAD dengan nomor 413332 yang ditandakan kepada KMS-4 (satelit itu). Sementara untuk tubuh roket Unha 3 diberi identitas oleh NORAD sebagai 41333,” sebut pejabat itu.

“Obyek-obyek ini berada di dekat orbit yang memutar mengelilingi pusatnya,” lanjut pernyataan itu.

Satelit yang terombang-ambing akan membuatnya memasuki atmosger bumi lebih cepat dibantuk satelit yang berada di orbit bumi. Temuan lain dari pihak AS menunjukkan bahwa satelit itu tidak memiliki sinyal transmisi, seperti yang sudah diklaim oleh Korut.

loading...