HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

35 Orang Tewas Akibat Terbaliknya Kapal Migran di Turki

1

HARIANACEH.co.id — Dua kapal yang sedang dalam perjalanan ke Yunani terbalik di dekat pantai Turki, sehingga menewaskan paling tidak 35 migran.

Kantor berita Anadolu dan Dogan melaporkan 24 orang tewas dekat pulau Lesbos, Yunani.

Semetara, seperti diberitakan Dogan, 11 orang lainnya meninggal dalam kejadian terpisah di lokasi yang lebih ke selatan lagi, dekat Dikili, provinsi Izmir, Turki.

Sampai tanggal 5 Februari pekan lalu, paling tidak 374 orang tewas ketika dalam perjalanan menuju ke Eropa tahun ini, menurut International Organization for Migration (IOM).

Sebagian besar dari mereka dalam perjalanan ke Yunani dan jalur laut dari Turki ke Yunani adalah yang paling populer di kalangan pada pengungsi yang berusaha memasuki Eropa pada tahun 2015.

Dogan melaporkan sejumlah anak berada di dalam kapal tempat 24 orang tewas. Paling tidak empat orang diselamatkan, lapor koran Hurriyet.

Berita meninggalnya para pengungsi ini muncul bersamaan dengan kunjungan Kanselir Jerman, Angela Merkel, ke Turki untuk merundingkan cara mengurangi jumlah migran yang menuju Eropa.

Setelah pertemuan dengan Merkel, Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu, mengatakan Jerman dan Turki akan berusaha menggunakan sumber daya NATO di laut Aegean dan perbatasan Suriah untuk membantu mengatasi gelombang migran.

loading...