HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Beberapa Tanda Pria Miliki Sperma Sehat

4

HARIANACEH.co.id – Ada beberapa hal yang bisa menentukan sehat tidaknya sperma pria. Dilihat dari fisik dan kebiasaan ternyata bisa memprediksi kesehatan sperma.

Berikut empat tanda pria memiliki sperma sehat seperti diungkap laman Men’s Health, Rabu (10/2/2016).

1. Lingkar perut kurang dari 100 cm

Pria dengan lingkar perut di atas 100 cm kualitas spermanya lebih rendah dibanding pria dengan lingkar perut di bawah angka tersebut. Peneliti meyakini berat badan berlebih bisa memengaruhi hormon, termasuk yang bertanggungjawab terhadap produksi sperma.

2. Gemar makan ikan

Hindari konsumsi daging olahan seperti sosis bagi pria. Hal ini bisa menurunkan kualitas sperma. Sementara pria yang gemar makan ikan, terutama salmon dan tuna, konsentrasi spermanya lebih tinggi dibandingkan yang tidak.

Kandungan lemak omega-3 dalam ikan berperan penting dalam meningkatkan produksi sperma.

3. Senang gunakan celana boxer

Menggunakan celana dalam longgar bukan ketat berperan besar terhadap produktivitas sperma. Pria yang menggunakan celanaboxer cenderung 24 persen lebih rendah miliki sperma mati dibandingkan yang gemar menggunakan celana dalam ketat seperti disebutkan dalam penelitian 2012 di Inggris.

“Celana dalam longgar membuat suhu di sekitar skrotum sejuk hal ini mampu meningkatkan kualitas semen,” terang peneliti Andrew Povey.

4. Rutin berolahraga

Hal sederhana ini mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Hal ini dibuktikan lewat penelitian dari Harvard. Pria yang berolahraga 15 jam seminggu memiliki konsentrasi sperma 73 persen lebih tinggi dibanding pria yang jarang berolahraga.

Ya, olahraga tak hanya mampu meningkatkan kesehatan–termasuk kesehatan reproduksi–tapi mendongkrak produksi antioksidan. Peneliti meyakini kehadiran antioksidan mencegah radikal bebas merusak sel sperma.

loading...