HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Benarkah Jose Mourinho Manajer Ideal Manchester United?

1

HARIANACEH.co.id — Prospek Jose Mourinho menggantikan Louis van Gaal sebagai manajer Manchester United sepertinya makin besar setelah muncul laporan sudah digelar pembicaraan antara United dan perwakilan Mourinho.

United menolak berkomentar tapi Mourinho dalam wawancara dengan sebuah mingguan di Inggris mengatakan dirinya tak senang menjadi pengangguran dan mengungkapkan ‘sudah ada tawaran di depan mata’.

Tapi apakah Mourinho memang figur ideal untuk menggantikan Van Gaal?

Jika dikaitkan dengan keputusan musuh sekota United, Manchester City, yang sukses merekrut salah satu pelatih terbaik di dunia, Pep Guardiola, maka United jelas memerlukan manajer sekaliber Mourinho.

Pelatih asal Portugal ini sudah terbukti sukses mengantarkan klub menjuarai liga domestik maupun Liga Champions ketika berkarier di Portugal, Spanyol, Italia, dan Inggris.

United tentu tak ingin ambil langkah untung-untungan, misalnya dengan menunjuk Ryan Giggs, seandainya kontrak Van Gaal diakhiri lebih awal, karena Giggs belum punya pengalaman manajerial.

Dengan kondisi seperti ini bagaimana Giggs bisa menghadapi Guardiola?

Harus mengubah gaya?

Tak bisa dipungkiri kemungkinan duel Guardiola-Mourinho di Liga Primer akan sangat dinantikan oleh para pecinta sepak bola, tidak hanya di Inggris tapi juga di seluruh dunia.

Bagaimana dengan filosofi Mourinho yang dinilai lebih mementingkan kemenangan dengan cara apa pun, termasuk dengan menerapkan strategi super defensif?

Mourinho sudah lama menjadi pengamat United dan sadar betul bahwa pihak manajemen dan pendukung setia di Old Trafford sangat membanggakan permainan atraktif seperti yang diperlihatkan legenda Sir Alex Ferguson selama beberapa dekade.

Permainan yang menyerang ini hilang ketika tim utama United dipimpin oleh David Moyes dan Van Gaal.

Seberapa besar pula kemungkinan Jose Mourinho menggantikan Louis van Gaal di akhir musim ini?

Terlepas dari faktor-faktor pendukung ini, manajemen United menyadari sepenuhnya ‘beban yang dibawa’ oleh Mourinho.

Mantan bos FC Porto, Inter Milan, Chelsea, dan Real Madrid ini dikenal sangat konfrontratif, yang membuat dirinya menjadi sumber pemberitaan negatif dalam beberapa tahun terakhir.

Ketika menjadi bos Real, ia pernah menonjok mata manajer Barcelona almarhum Tito Vilanova.

Mantan pemain legendaris United, Sir Bobby Charlton, berkomentar bahwa seorang manajer United tidak akan pernah melakukan seperti ini, meski secara terbuka mengakui bahwa Mourinho adalah manajer hebat.

Ketika mengasuh Chelsea untuk kedua kalinya ia juga berkonfrontasi dengan dokter tim, Eva Carneiro.

Apakah Mourinho siap mengubah gaya agar bisa menjadi penerus Van Gaal? Semuanya bisa dipastikan dalam beberapa bulan mendatang.

loading...